Tempat Terindah di Pulau Bali - Nusa Penida

Sabtu, 10 Maret 2018

Tempat Terindah di Pulau Bali - Nusa Penida

Saya baru saja melihat video blog YouTube akun Lost LeBlanc yang berjudul MOST BEAUTIFUL PLACE in The World. Saat saya menonton video tersebut, ternyata video tersebut menceritakan perjalanan mereka ke salah satu pulau di tenggara pulau utama Bali, yaitu Nusa Penida. Sepengetahuan saya Nusa Penida setahun belakangan ini mulai populer walaupun masih kalah dengan Nusa Lembongan. Padahal kalau secara besaran pulau, Nusa Penida lebih besar daripada Nusa Lembongan. Ternyata memang, ukuran tak menentukan... #eh



Saat saya sempat merantau ke Pulau Bali, Nusa Penida menjadi salah satu tempat yang harus saya kunjungi. Namun karena pekerjaan di bali itu 7 x 24 jam jadi agak sulit mencuri waktu untuk mengunjungi pulau ini. Nah, saat-saat terakhir saya di Bali, saya akhirnya mempunyai waktu untuk pergi ke Nusa Penida dengan teman kuliah saya, Narji, yang kebetulan juga sebagai pengganti posisi saya di proyek Bali.

Salah satu tempat berangkat adalah dari Pantai Sanur. Saya lupa berapa harga tiket nya. Kalau tidak salah PP 100ribuan ya? CMIIW.

Pastikan datang pagi terutama kalau weekend karena lumayan ramai. Perjalanan menggunakan speed boat sekitar 50 menit. Sampai di pelabuhan Nusa Penida, kita bisa menyewa sepeda motor seharga 70 ribu seharian. Bensin tanggung sendiri ya.

Posisi tempat instagramable di Nusa Penida terbagi dua area, barat dan timur pulau. Jadi kami memutuskan untuk mengunjungi titik terjauh dahulu : Atuh Beach
Atuh Beach - Nusa Penida
Laut yang Tak Berujung

Atuh Beach ceritanya merupakan salah satu miniatur Raja Ampat di Nusa Penida karena terdapat karang yang menjulang sehingga terkadang di internet ada yang menyebutnya sebagai serpihan Raja Ampat. Sayangnya kita harus berjuang untuk menuruni tangga-tangga di tebing yang cukup tinggi untuk bermain di pantainya. Kalau turun sih oke, cuma mikir naiknya aja begimane engap nya. hehe


Billabong merupakan salah satu tempat favorit saya di Nusa Penida. Melihat laut lepas dengan deburan ombak yang menghantam karang-karang, bahkan sampai ada momen pecahan ombak itu terhempas begitu tinggi yang membuat saya ter waaaw gitu. Di Billabong ini yang bisa kita lakukan hanya melihat deburan ombak dari tebing. Kalau mau main air mungkin bisa ke Broken Beach ya, namun saya tidak mengunjungi tempat itu, padahal hanya sebelahan.

Kelingking Nusa Penida
Pantai Kelingking sepertinya menjadi andalan wisata di Nusa Penida. Foto tanjung karang yang menjorok ke laut menyerupai kelingking atau bahkan ada yang bilang kaya dinosaurus. hahaha... di tempat ini kalau mau main ke pantainya harus turun lumayan jauh dan naiknya bakal lebih capek. jadi setelah foto-foto mending makan dan minum di warung-warung yang sudah tertara rapi.

Molenteng Point merupakan salah satu tempat dari sudut yang berbeda untuk melihat Atuh Beach. kalau tidak salah ya.. Kalau kita menuruni tangga di daerah ini, kita akan disuguhkan nuansa rumah pohon untuk mleihat samudra hindia. Kalau menurut saya, lokasi ini bagus untuk melihat bagaimana seimbangnya bumi ini diciptakan oleh yang Maha Kuasa. Cie gitu..

Nusa Penida merupakan salah satu alternatif cuci mata di Bali kalau seandainya sudah bosan dengan tempat wisata di pulau utama bali. Seperti yang disampaikan Lost LeBlanc di videonya, Nusa Penida memang menwarkan pemandangan yang luar bisa yang membuat kita tidak percaya ada yang seindah ini di dunia. Sebenarnya perasaan ini pernah muncul waktu pertama kali melihat Pantai Pandawa di selatan Bali pada tahun 2013. namun ternyata memang akan selalu ada yang lebih baik, tinggal bagaimana kita bersyukurnya saja.. (ini kemana subjeknya sih.)

Pesan saya, bawa sunblock yang banyak, jaketan, dan persiapkan bekal. jalanan di Nusa Penida cukup menantang seperti yang ditulis di blog travel-lush dan mataharinya juga sangat menyengat. 4 bulan setelah dari Nusa Penida saja belang di tangan belum ilang nih.

Jadi, coba kunjungilah Nusa Penida, sebagai wisata terindah di dunia!!

2 Komentar untuk "Tempat Terindah di Pulau Bali - Nusa Penida"

  1. Nusa penida memang tahun ini lagi ngehits banget nih. Rasanya juga pengen menikmati liburan disana sebelum pergantian tahun lagi. Mas disana ada penginapan gak, soalnya kalau traveling seharian rasanya kurang greget nih, soalnya banyak banget objek wisatanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disana banyak yang bertipe guest house. dan ssepertinya harus go-show karena belum tersedia di traveloka. Kalau mau aman, coba cari melalui agen travel nusa penida yang banyak di pulau bali.

      Hapus

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali