Pengalaman Interview di BUMN Nindya Karya

Jumat, 23 Juni 2017

Pengalaman Interview di BUMN Nindya Karya

Sesuai janji saya di postingan sebelumnya di Pengalaman Interview Kerja mengenai pengalaman interview di Nindya Karya. Nindya Karya merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi. Setahu saya, Nindya Karya sering mengerjakan proyek-proyek pemerintah, terutama pada bidang infrastruktur, seperti jalan raya, jembatan, gedung, atau apartemen. Memang secara kelas agak berbeda apabila dibandingkan dengan BUMN Karya yang sudah establish seperti Wijaya Karya, Waskita, ataupun Adhi Karya.


Tahun 2016 saya sempat mendaftar di Nindya Karya dan secara singkat sudah saya jelaskan di artikel Pengalaman Interview Kerja. Di artikel ini saya akan menceritakan pengalaman rekrutmen di Nindya Karya. Saat itu saya melamar di posisi Management Trainee Electrical Engineer.

Pengalaman Interview di Nindya KaryaSaya apply melalui situs rekrutmen Nindya Karya, bisa dicek di google ya. Sayangnya saya lupa kapan tepatnya saya apply. Setelah berhasil mengisi data di website rekrutmen Nindya Karya, kita akan langsung diuji pengetahuan dasar sesuai bidang yang kita pilih, kalau kasus saya adalah mengenai ilmu Teknik Elektro.

Setelah menjawab tes keilmuan tersebut, hasilnya akan langsung diberitahukan setelah kita menyelesaikan soal-soal online tersebut.

Tahapan selanjutnya, kita akan menerima email undangan untuk tes psikotes di Gedung Nindya Karya di Jakarta. Kita diminta membawa beberapa dokumen standarlah seperti Fotokopi ijazah, transkrip, KTP, Surat lamaran, CV, dan Foto berwarna ukuran 4 x 6. Psikotes dibagi dua tahap, yaitu tahap pertama tes tertulis psikotes seperti pada umumnya, ada wartegg dan menggambar orang serta pohon juga seingat saya. Nah setelah itu, dua hari kemudian mengikuti tahap kedua psikotes yaitu wawancara dan screening CV dengan pihak psikolog yang sepertinya dari internal Nindya Karya. (kalau lihat gaya-gayanya sih, hehe...)

Pengalaman di Nindya Karya
Gedung Nindya Karya
Dua minggu kemudian ada email serta SMS yang masuk dari HR Nindya Karya yang berisikan undangan untuk Tes TOEFL yang dilakukan di LBBP LIA Pancoran, Jakarta Selatan. Formatnya seingat saya seperti tes TOEFL Paper Based. Ini dilakukan setengah hari saja.

Seminggu kemudian setelah tes TOEFL, saya menerima kembali email serta SMS dari HR Nindya Karya yang memberitahukan lolos ke tahap selanjutnya, yaitu wawancara manajemen di Gedung Nindya Karya Jakarta. Mengenai pertanyaan-pertanyaannya sudah saya singgung di artikel Pengalaman Interview Kerja, silahkan dicek disana.

Tidak butuh waktu lama, sehari setelah wawancara manajemen, pengumuman peserta yang lolos sudah keluar. Saya menerima email serta SMS untuk melakukan medical check up di Lab Kimia Farma Cikini. MCU dilakukan dua hari setelah wawancara manajemen oleh Nindya Karya. Cepat sekali, luar biasaa...

Seminggu kemudian keluarlah pengumuman kelulusan peserta, Alhamdulillah saya lulus dan saat itu diundang ke Gedung Nindya Karya untuk melakukan sosialisasi kontrak. Proses tanda tangan kontrak tepat 11 hari setelah dilakukan MCU. Saat itu yang lolos sepengetahuan saya ada 11 orang termasuk saya.

Namun karena satu alasan dan lainnya, saya tidak jadi mengikuti acara tanda tangan kontrak tersebut. Lebih karena alasan profesional dengan project yang sedang saya pegang di kantor saya saat itu.

Jadi, ada beberapa tahapan rekrutmen di Nindya Karya,

  1. Tes Keilmuan Online
  2. Tes Psikotes
  3. Tes TOEFL
  4. Wawancara Manajemen
  5. Medical Check Up
  6. Sosialisasi Kontrak
Jadi begitulah Pengalaman Interview di Nindya Karya. Semoga bisa menjadi referensi buat para lulusan universitas dan job seeker.

1 Komentar untuk "Pengalaman Interview di BUMN Nindya Karya"

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali