Laptop Bagus Untuk Teman Skripsimu

Selasa, 20 Juni 2017

Laptop Bagus Untuk Teman Skripsimu

ASUS E202
Bulan Juli semakin dekat. Setelah hampir 6 tahun kuliah, bulan Juli ini adalah bulan penentuan nasib perkuliahanku. Sidang proposal tugas akhir kuliahku akan dilakukan dan semester ini merupakan kesempatan terakhir untuk menenukan apakah saya akan mendapatkan gelas Sarjana Teknik atau tidak.

Saya memang terlambat 2 - 3 tahun untuk menyelesaikan studi saya dibandingkan dengan teman-teman saya. Kegiatan saya di luar perkuliahan menyita waktu dan lebih parahnya menyita fokus saya terhadap perkuliahan. Memang dunia kreatif yang saya tekuni di luar perkuliahan menuntut waktu saya apalagi bila saya mendapatkan order yang mengharuskan saya untuk keluar kota. Ya, saya mempunyai bisnis fotografi dengan rekan-rekan saya.

Saya berdomisili di daerah Bekasi dan kampus saya adalah di Grogol. Jarak yang cukup jauh dan tentu sudah hapal dengan macetnya hehe... Dari tahun keempat kuliah, saya sudah tidak kos di daerah dekat kampus karena teman satu kos saya semua sudah lulus. Sehingga saya lebih memilih pulang pergi rumah - kampus apabila ada perkuliahan.

Saya terkadang memilih transportasi umum seperti Kereta Commuter Line ataupun menggunakan sepeda motor untuk berkuliah. Perkuliahan saya yang mengharuskan menggunakan Laptop membuat mau tidak mau saya harus membawa laptop yang tidak hanya handal dalam menggunakan software umum, namun juga harus kuat untuk mengoperasikan software yang cukup berat.
Laptop Andalan ASUS A46CM
Beruntung sejak 2013 saya menggunakan laptop Asus A46CM, laptop yang sangat bandel ini menemani saya selama 3 tahun terakhir dan saya gunakan juga sebagai laptop untuk editing foto. Laptop keluaran Asus ini sangat membantu saya dalam proses perkuliahan dan pekerjaan.

Namun memasuki tahun-tahun terakhir ini, terutama ketika saya harus pulang pergi Grogol - Bekasi, membawa laptop besar seperti Asus A46CM cukup merepotkan. Apalagi saat saya sudah mulai menyusun tugas akhir. Saya setidaknya membutuhkan laptop dengan syarat:
  1. Mudah untuk mobilitas tinggi
  2. Canggih dan cepat untuk kebutuhan skripsi dan software ringan 
  3. Baterai tahan lama, karena stop kontak di kelas seringkali penuh
  4. Cepat untuk memindahkan data
Sewaktu di Stasiun sedang menunggu kereta transit saya menuju kampus, saya melihat salah seorang yang seprtinya mahasiswa juga sedang serius dengan laptopnya. Saya penasaran dan tertarik karena saya melihat laptop tersebut sangat sesuai dengan syarat yang saya inginkan. Saya pun menghampiri mahasiswa tersebut, dia menyebutkan salah satu seri yang menurut dia merupakan keluaran terbaru dari ASUS. 

Namun sayangnya saat sampai di Kampus, saya lupa seri ASUS apa yang disebutkan oleh mahasiswa tersebut. Akirnya saya googling laptop keluaran terbaru ASUS. Setelah saya googling dan melihat laptop ASUS dengan size yang kecil, maka saya mendapatkan kesimpulan satu laptop yang bandel, sesuai dengan syarat yang saya inginkan dan seperti yang saya lihat di Stasiun : ASUS E202.

1. Mudah Untuk Mobilitas Tinggi

Untuk membagi fungsi laptop, ASUS A46CM saya fungsikan khusus untuk pekerjaan editing foto. Sehingga saya membutuhkan laptop yang bisa dibawa kemana-mana tanpa harus membawa tas besar. Terutama saya biasanya hanya membawa satu laptop dan satu buku agenda/catatan saat kuliah.
Hal ini terpenuhi dengan desain ASUS E202 minimalis dengan bobot hanya 1,25 Kg dan ukuran yang tidak lebih besar dari kertas A4. Dengan layar 11,6 inci, laptop ini mendukung resolusi HD 1366 x 768 pixels agar dapat menyaksikan konten multimedia dengan kualitas baik. Tentu juga terdapat dua buah speaker berteknologi SonicMaster untuk menghasilkan suara yang jernih. Lumayan kalau pacar ingin menonton drama korea, laptop ini bisa jadi teman pacaran yang oke punya.

2. Canggih, Cepat, dan Baterai Tahan Lama Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Salah satu kelebihan dari ASUS E202 ini terletak di baterainya yang mampu bertahan hingga 8 jam penggunaan. Hal ini disebabkan penggunaan prosesor Intel Celeron generasi ke-5 (Braswell) yang hanya mengkonsumsi daya sebesar 6 watt saja sehingga baterai tidak cepat terkuras. Selain itu, berkat penggunaan tingkat daya yang sedikit membuat laptop ini dapat mengusung desain tanpa kipas akibat panas yang dihasilkan tidak terlalu tinggi. Jangan khawatir juga apabila baterai habis dan saya harus segera menuju ruangan dosen untuk bimbingan tugas akhir, karena laptop ini sudah didukung fast charging melalui USB Type-C 3.1.

3. Cepat Untuk Transfer Data

ASUS E202 terbilang cukup canggih dibandingkan kebanyakan laptop yang beredar. Dia sudah menawarkan konektivitas USB Type-C 3.1 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 5Gbps yang tentu lebih cepat hingga 11x daripada USB 2.0. Canggihny ajuga USB type ini mampu disambungkan berbagai arah (reversible), sehingga kamu tidak perlu khawatir harus memperhatikan bagian atas atau bawah port. Oleh karena itu, E202 menjadi laptop 11,6 inci pertama yang menawarkan USB Type-C 3.1. Selain itu juga terdapat WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.0 yang juga mampu memindahkan data secara cepat.
Setelah memenuhi syarat-syarat laptop yang saya butuhkan, saya akhirnya memutuskan menggunakan ASUS E202 Ligtning Blue sebagai laptop yang menemani saya menyelesaikan kuliah dan menyiapkan tugas akhir saya. Oh ya, sewaktu akan membeli laptop ini, saya ditawari Laptop dengan OS Windows 10 atau DOS dan ini juga tersedia dengan pilihan warna Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge.Tentu dengan kehandalannya ini, saya tidak menemui kesulitan saat mengerjakan tugas-tugas kuliah serta proposal tugas akhir saya yang dilengkapi dengan file-file data yang dibutuhkan untuk tugas akhir. Laptop ini pun mampu meringankan bawaan saya dan tidak menambah beban saya untuk mengarungi Grogol - Bekasi dengan segala kemacetan dan kepadatannya.
Doakan sidang proposal tugas akhir ku berhasil ya. Insya Allah presentasi nanti pun dan hingga lulus pun akan ditemani oleh ASUS E202. hehe...

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com.

1 Komentar untuk "Laptop Bagus Untuk Teman Skripsimu"

  1. Notebook Asus E202 emang keren deh. Desain minimalis, kualitas maximalis, apalagi harganya cukup ekonomis.

    BalasHapus

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali