Triwulan Pertama di Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Trisakti (1)

Minggu, 10 November 2013

Triwulan Pertama di Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Trisakti (1)


Apabila ingin menguji seseorang, maka berilah ia kekuasaan. Apabila ia tidak menyalahgunakan kekuasaan tersebut, maka terujilah ia.
Bulan November 2013, sepertinya sudah berlalu 3 bulan ya angkatan saya, 2010, menjadi pemegang Himpunan Mahasiswa Elektro Trisakti kalau dihitung dari Juli sampai dengan Oktober -dipotong libur ramadhan dan lebaran-. Dengan 1 periode kepemimpinan yang tidak sampai 12 bulan, kira-kira hanya 9 bulan efektif tentu seharusnya kita mengambil evaluasi besar triwulan, selain tentunya melakukan evaluasi bulanan. Evaluasi ini berfungsi sebagai refleksi atas segala kegiatan yang telah kita lakukan dan menilai secara bersama-sama baik serta buruknya pekerjaan yang telah kita lakukan, sehingga kekurangan yang sudah ada bisa kita kurangi dan yang sudah bagus bisa kita pertahankan, bahkan ditingkatkan.

Di triwulan pertama, Himpunan Mahasiswa Elektro Universitas Trisakti sudah melaksanakan 5 kegiatan formal dan 3 kegiatan informal. Kegiatan formal adalah kegiatan yang dilaksanakan menggunakan jalur proposal kegiatan dan kegiatan informal adalah kegiatan yang dilaksanakan dengan inisiatif dari mahasiswa sendiri tanpa menggunakan proposal kegiatan.

Kegiatan pertama Himpunan Mahasiswa Elektro periode 2013/2014 Di Teknik Elektro Universitas Trisakti ini adalah Latihan Dasar Kepemimpinan tingkat Himpunan.


  1. Latihan Dasar Kepemimpinan tingkat Himpunan
Wacana pembatasan anggota himpunan yang sudah dirancang oleh teman-teman HME 2013/2014 diaplikasikan melalui LDK Himpunan ini. Perubahan sedikit terjadi di LDK periode ini. Teman-teman yang ikut serta sebagai peserta di LDK ini merupakan angkatan 2011 dan 2012. Peserta ini disuruh membawa CV masing-masing, kenapa? Di tahun sebelum-belumnya anggota Himpunan Mahasiswa Elektro adalah seluruh mahasiswa Elektro, tanpa terkecuali dan di periode ini kami ingin mengubah sistem yang ada. Jadi kami akan menilai mereka yang layak masuk himpunan melalui LDK Himpunan ini.

Prosedur yang kami terapkan sebenarnya sederhana, melihat keaktifan saat materi, keaktifan saat Focus Group Discussion, serta pengetahuan yang dimiliki tentang himpunan di sesi wawancara. Kami juga memasukkan pertimbangan rekomendasi dari Himpunan sebelumnya dan Komti masing-masing angkatan.

Di FGD ini kami  membagi menjadi 5 grup, panitia memberikan 5 topik yang biasa ditemui dalam permasalahan di lingkungan Elektro.Jalannya FGD ini sesuai dengan harapan kami. Banyak terjadi diskusi serta perdebatan yang sangat seru sehingga diharapkan mereka saling memahami dan mengerti pemikiran dari mahasiswa lainnya. Yang terpenting lagi, di FGD ini ada mahasiswa yang sebelumnya tidak vokal berani mengungkapkan semua unek-uneknya dan tentu disambut applause meriah oleh panitia namun disambut intervensi oleh para peserta. PECAH SERUNYA!!

Kekurangan yang kami rasa adalah, mungkin termasuk kekecewaan mendalam, kurangnya peserta yang hadir sehingga kami kesulitan dalam memilih kader-kader terbaik Elektro untuk masuk ke Himpunan. Terutama ada angkatan yang bisa dihitung jari hadir di LDK kali ini. Tentu menjadi sebuah pertanyaan besar bagi kami para panitia. 

Karena kurangnya peserta saat itu, maka kami memberi kesempatan dengan memperpanjang Open Recruitment HME 2013/2013. Namun tetap, peminat yang kami harapkan bisa mencapai 80% jumlah mahasiswa Teknik Elektro Universitas Trisakti tidak tercapai. Kami hanya mendapat 55% dari total jumlah mahasiswa Teknik Elektro Universitas Trisakti.

But, Show Must Go On. Sesuai dengan jargon kami juga, "We Talk About Quality, not Quantity"

2. Halal Bihalal Masyarakat Teknik Elektro
Acara rutin tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro Universitas Trisakti. Diadakan setelah Hari Raya Idul Fitri di minggu pertama perkuliahan. Acara ini juga merupakan program kerja pertama yang selalu diadakan oleh Angkatan yang baru masuk Himpunan, yaitu di periode ini adalah angkatan 2012. Persiapan acara yang terpotong oleh libur puasa dan Idul Fitri membuat mereka sebagai panitia harus bisa mencari alternatif dalam hal koordinasi dalam persiapan acara. 

Dengan berbagai halangan dalam persiapan acara yang terpotong itu, mereka tetap bisa melaksanakan acara ini dengan sangat baik. Pengambilan keputusan yang diperlukan ketika acara telah terlaksana juga cukup bagus. Mahasiswa yang hadir sangat banyak serta dosen-dosen juga berbondong-bondong hadir di acara ini. Walaupun ya minus Ketua Jurusan Teknik Elektro Universitas Trisakti yang sedang mendapatkan tugas negara.

3. Career Talks : What Companies Need From Fresh Graduate
Acara yang berupa seminar ini bekerja sama dengan pihak GenMudaID, sebuah organisasi yang konsen terhadap pengembangan pemuda. Awalnya acara ini kami buat dengan motivasi sebagai persembahan kepada teman-teman kami yang baru saja lulus dari perkuliahan, namun ternyata yang diharapkan tidak hadir. But, No Problem. Acara tetap berlangsung dengan lancar dan menarik karena pembicaranya cukup asyik dan berkompeten dalam penyampaian materinya.

Sebenarnya isi dalam materi tersebut sudah cukup biasa didengar oleh para peserta, namun hal itu malah membuat kita semua tertampar betapa sebenarnya hal yang biasa kita dengar itu penting sebagai bekal di dunia kerja ini.

Lepas dari materi, dari segi kepanitiaan yang diketuai oleh mahasiswa 2010 bisa dikatakan mengecewakan. Karena banyak hal yang miss dan ditunda-tunda pelaksanaan persiapannya oleh panitia. Terjadi banyak keluhan dari anggota panitia karena tidak adanya koordinasi serta pembagian job desc yang jelas dari Ketua Panitia. Tentu hal ini sangat mengecewakan mengingat yang menjadi ketua panitia adalah 2010 yang notabene senior di Himpunan.

Di luar kepanitiaan, para peserta mengaku puas dengan acara ini. Yeah, We made it!! :)

4. Pelatihan Fundraising dan Sponsorship
Selama saya ada di Teknik Elektro Universitas Trisakti, saya hanya 2 kali menemukan acara Himpunan didanai oleh sponsor, yaitu disponsori oleh Apple dan Sampoerna Foundation. Itu juga 3 tahun yang lalu. Karena itu timbul dalam benak saya bahwa di periode ini Himpunan wajib memberikan bekal untuk anggotanya sebuah ilmu mengenai fundraising dan sponsorship.

Diketuai oleh salah satu mahasiswa angkatan 2012, acara ini berlangsung menarik dan sesuai dengan harapan. Ilmu yang didapat juga sesuai dengan yang kami butuhkan. Berarti tinggal pengaplikasiannya saja. Karena Bullshit itu ide kalau tidak ada actionnya. Gitu deh kira-kira, hehe

Dari segi panitia, proposal langung kelar 1 minggu setelah penunjukan ketua acara, luar biasa! Ini bukti kalau tidak menunda-nunda, bisa cepat selesai segala urusan. Namun disayangkan dalam proses birokrasi proposal, panitia terhalang dengan sulit ditemuinya Parlemen Fakultas untuk diminta tanda tangannya di proposal. Kondisi ini diperparah dengan lambatnya proses revisi setelah sampai ke tangan Sekretaris Jurusan Teknik Elektro Universitas Trisakti. 

Belajar dari pengalamn tersebut, maka saya mencoba mengenalkan tabel time planning di Himpunan. Time Planning ini berisi rencana yang sudah ditetapkan dalam sebuah kepanitian yang disertai dengan Deadline, Penanggung jawab, serta Status Pekerjaan. Hal ini membantu kami, terutama ketua departemen serta ketua himpunan dalam mengawasi dan mengontrol kinerja panitia dalam persiapan sebuah acara.

Sekian dulu posting Triwulan Pertama di Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Trisakti ini. Masih ada 4 acara lagi yang nanti saya bahas sedikit. 


0 Komentar di "Triwulan Pertama di Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Trisakti (1)"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali