Tol Pertama dengan Kendaraan Umum di Dunia

Jumat, 18 Januari 2013

Tol Pertama dengan Kendaraan Umum di Dunia

ilustrasi tol lingkar luar

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan enam ruas tol dalam Kota Jakarta akan menjadi tol pertama di Indonesia yang memiliki lajur untuk kendaraan umum.
"Bahkan mungkin akan menjadi tol pertama di dunia yang membolehkan kendaraan umum masuk dan menyediakan halte khusus untuk transportasi massal," kata Djoko saat ditemui pada acara kunjungan kerja di Banten, Senin, 14 Januari 2012.

Menurut Djoko, kendaraan umum lewat tol ini untuk memenuhi harapan Pemerintah Daerah DKI Jakarta. "Pembangunan ini akan jalan terus sesuai kesepakatan dengan Pemerintah Daerah Jakarta," kata Djoko. (Baca: Hari Ini, Jokowi Gelar Uji Publik Tol Dalam Kota )

Dengan demikian, tol akan tetap dibangun sesuai agenda yang ditargetkan Kementerian Pekerjaan Umum dan dengan penambahan fasilitas di titik-titik tertentu di dalam tol sebagai tempat naik turunnya penumpang kendaraan umum.

Pembangunan jalan tol dalam kota ini, menurut Djoko, akan sangat menguntungkan Pemerintah Provinsi DKI dan masyarakat. Sebab, sumber dana pembangunan murni berasal dari investor swasta dan tidak membebani anggaran pendapatan dan belaja negara serta pemerintah Jakarta. (Baca: Biaya Bebaskan Lahan 6 Tol dalam Kota Rp 5 T)

"Penambahan enam ruas jalan tol dalam kota ini tentu akan menambah rasio jalan Jakarta dari semula 6,7 persen menjadi lebih dari angka tersebut," kata Djoko. Jalan tol dalam kota ini diharapkan akan membantu mengurai permasalahan kemacetan Jakarta.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Djoko Widodo memberi sinyal persetujuan pembangunan enam ruas tol dalam kota Jakarta. Jokowi menyetujui pembangunan tol dengan syarat seluruh ruas tol tersebut dapat dimasuki transportasi massal dan disediakan tempat khusus untuk naik dan turunnya penumpang angkutan umum.

0 Komentar di "Tol Pertama dengan Kendaraan Umum di Dunia"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali