Cara Membuat Resolusi

Selasa, 25 Desember 2012

Cara Membuat Resolusi

Cara Membuat Resolusi
ilustrasi
Tahun 2012 sudah mendekati akhir. Hitungan mundur menuju tahun baru 2013 sudah mulai terngiang di telinga. Entah kenapa sekarang waktu terasa begitu cepat. Tidak terasa sama sekali. Tiba-tiba sudah mau tahun baru saja.


Kebiasaan banyak orang dalam menyambut tahun baru, selain akan merayakan tahun baru bersama orang-orang terdekatnya, adalah menulis resolusi di 2013.

Pernah ada tidak yang membuat resolusi menjadi pribadi yang lebih baik agar disukai oleh lingkungan, lebih rajin nge-gym supaya dapat gandengan, atau juga diet biar lebih disenangi lawan jenis?

Dalam beberapa kasus, resolusi tersebut bisa saja tercapai, tapi belum tentu bisa mendapatkan apa yang diharapkan dari pencapaian tersebut. Seperti, kita menjadi pribadi yang lebih baik dengan mengharapkan reward disukai oleh lingkungan atau juga seperti mendapatkan tubuh yang ideal dengan harapan bisa menarik perhatian lawan jenis. Ketidakpastian reward yang ingin kita dapatkan itu perlahan akan mengurangi  komitmen serta usaha untuk melakukan resolusi tersebut. Beberapa poin resolusi lenyap begitu saja, kalaupun masih ada, mungkin itu tidak akan bertahan lebih dari 6 bulan. Penyebabnya pasti, karena reaksi yang muncul tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Seandainya hal tersebut memang terjadi pada diri kamu, saya akan mencoba berbagi beberapa poin Cara Membuat Resolusi menurut Blog Tyo. Boleh dicoba :)

  • Pastikan resolusi dibuat sistemik, detil, dan terperinci
Hindari penggunaan kalimat "menjadi pribadi lebih baik, menjadi orang yang disayang pacar, nge-gym biar dapat gandengan" di dalam penulisan resolusi kamu. Kalimat tersebut tidak bisa menghasilkan motivasi yang kuat untuk membuat resolusi itu tahan lama. Bagaimana kita bisa tahu sudah sejauh mana progress jadi lebih baik tersebut apabila tidak ada patokan target baik yang ingin dicapai? Bagaimana juga kita bisa terus bersemangat apabila kita tidak tahu di mana garis start dan garis finishnya?

Karena itu, dalam membuat resolusi pikirkan secara matang. Seperti menjadi pribadi yang lebih baik, mau yang lebih baik gimana? Anda ingin menjadi pribadi yang lebih baik yang sering melakukan donasi untuk orang yang kurang beruntung, maka anda tulis, saya ingin menjadi pribadi yang ringan tangan dengan menyisihkan 200ribu per bulan dan menyumbangkannya setiap tanggal 5 awal bulan ke mesjid, panti asuhan, ataupun tempat pengumpul sedekah seperti dompet dhuafa.

Disitu tertulis jelas, anda ingin menjadi pribadi yang ringan tangan. caranya? Menyisihkan 200ribu per bulan. Buat apa? Menyumbangkannya ke mesjid, panti asuhan, atau dompet dhuafa. Kapan dilakukan? Setiap tanggal 5 awal bulan.

Satu hal yang pasti, buat berbagai kegiatan yang bisa mendukung tercapainya resolusi yang anda buat

  • Perlengkap dengan visualisasi/gambar
Sudah sistemis, detil, dan terperinci? Tidak ada salahnya anda menambahkan gambar atau visualisasi. Anda menginginkan melanjutkan studi ke Jepang. Anda bisa menambahkan kalimat resolusi anda dengan gambar unversitas di Tokyo atau tempat pilihan anda.

Hal tersebut bisa membantu anda lebih bersemangat dalam melakukan berbagai hal yang mendukung tercapainya resolusi tersebut.
  • Tempelkan resolusi anda di dinding kamar
Ini bisa jadi merupakan salah satu opsi yang bisa anda pilih. Setelah anda menulis dan menempelkan gambar pada kertas resolusi anda, tidak ada salahnya anda menempelkannya pada dinding yang bisa setiap hari anda lihat.

Semakin sering anda lihat dan baca, diharapkan resolusi tersebut tertanam kuat di alam bawah sadar anda dan membantu alam untuk bisa turut serta mewujudkan impian anda.

Jadi, tunggu apalagi? Ayuk dibuat resolusi kamu sekarang juga.

5 Komentar untuk "Cara Membuat Resolusi"

  1. Thanks gan buat tips nya,ane lg bingung mo buat resolusi,soalnya banyak yang sering gak ke capai,mudah2 2013 nih berbeda.sukses
    mampir ya ke jajakakulon.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Thanks gan buat tips nya,ane lg bingung mo buat resolusi,soalnya banyak yang sering gak ke capai,mudah2 2013 nih berbeda.sukses
    mampir ya ke jajakakulon.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Thanks gan buat tips nya,ane lg bingung mo buat resolusi,soalnya banyak yang sering gak ke capai,mudah2 2013 nih berbeda.sukses
    mampir ya ke jajakakulon.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Thanks gan buat tips nya,ane lg bingung mo buat resolusi,soalnya banyak yang sering gak ke capai,mudah2 2013 nih berbeda.sukses
    mampir ya ke jajakakulon.blogspot.com

    BalasHapus
  5. nice day :)
    hargailah hari kemaren,
    mimpikanlah hari esok,
    tetapi hiduplah untuk hari ini.
    bagi-bagi motivasinya yaah...

    http://wisataoutboundmalang.com/

    http://www.nolimitadventure.com/

    BalasHapus

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali