Cara Mengatasi Cemburu

Rabu, 31 Oktober 2012

Cara Mengatasi Cemburu


Sejak kecil kita sudah mengenal perasaan cemburu. Ingat ketika ayah kita membelikan mainan yang lebih bagus kepada adik atau kakak kita? Lalu perasaan yang muncul adalah seperti merasa tidak dipedulikan, merasa tidak lebih spesial, dan bila dikompilasikan dalam satu kata, perasaan-perasaan semacam itu adalah rasa cemburu. Dan perasaan cemburu itu adalah manusiawi adanya.
Setelah beranjak dewasa, rasa cemburu kini memiliki wadah yang baru. Seringkali kita menemui rasa cemburu adalah di dalam hubungan pacaran. Anda merasa cemburu ketika pacar Anda lebih memilih menghabiskan akhir pekan bersama teman-temannya. Anda merasa cemburu juga saat mantannya kembali menghubungi pacar Anda. Anda juga merasa cemburu ketika tahu pacar Anda sedang berduaan dengan yang lain.
Pacaran dan cemburu seakan sebuah paket yang sudah tersistemasi dan tidak dapat dipisahkan. Intinya, jika Anda pacaran, Anda harus siap cemburu. Tapi sering juga rasa cemburu ini malah merusak hubungan pacaran. Mengapa bisa begitu? Jawabannya Adalah rasa cemburu yang terlalu berlebihan. Ketika Anda sedang dalam masa pacaran, rasa cemburu yang berlebihan akan menyebabkan insecurity, sehingga cenderung banyak pasangan adalah posesif atau berujung menjadi sebuah pertengkaran.
Seseorang yang tengah dihantui rasa cemburu yang membabi buta malahan selalu digelapkan dan tak mengenal belas kasihan. Tak heran bila banyak berita yang menyiarkan tentang saling bunuh-bunuhan hanya karena rasa cemburu buta. Mengerikan, bukan? Saya harap rasa cemburu yang demikian tidak terjadi pada Anda.
Agar hal-hal tersebut tidak terjadi dalam pacaran, maka Anda harus mengatasi rasa cemburu yang berlebihan itu. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, mengatasi dan mengontrol rasa cemburu adalah hal yang bisa dilakukan oleh semua pasangan.
Yang saya bicarakan bukanlah menghilangkan rasa cemburu. Karena jelas, rasa cemburu keberadaannya harus tetap dilestarikan dalam pacaran. Jika tidak, maka Anda dan pacar Anda akan kehilangan chemistry, yang nantinya pacaran yang Anda jalani akan terasa hambar dan dingin. Karena justru cemburu adalah sebuah simbol  di mana Anda dan kekasih Anda merasa ingin saling dimiliki, merasa ingin saling disayangi.
Lalu bagaimanakah rasa cemburu yang baik itu, dan bagaimana caranya mengatasi rasa cemburu?
1.      Sadari kecemburuan Anda
Anda harus sadar jika Anda sedang cemburu. Anda harus sadar apa yang menjadi penyebabnya. Jika Anda tidak sadar Anda tengah cemburu maka Anda akan terus menganggap Anda sedang normal-normal saja. Ingat, pacaran juga adalah tentang menyadari posisi diri anda sendiri.
2.      Hubungan sebab dan akibat
Sekarang waktunya menelaah, apakah penyebab Anda cemburu layak untuk dijadikan bahan tumbuhnya rasa cemburu? Jika rasa cemburu muncul hanya karena pacar Anda yang sedang memilih untuk sibuk dengan keluarganya, maka itu tidak terlalu layak untuk dikategorikan cemburu.
3.      Tunjukkan dengan dewasa
Saat Anda sedang cemburu, Anda biasanya akan terlihat kekanak-kanakan. Wajar, karena perasaan semacam ini selalu identik dengan anak kecil. Maka, jika ingin menunjukan rasa cemburu ini, tunjukkan dengan cara yang dewasa. Coba Anda bilang padanya “sebetulnya aku bete benget kamu begitu.. tapi gak jadi deh marahnya aku tiba-tiba dapet ide baru nih yaudah deh, aku pergi dulu ya..”. Dengan begitu, pacar Anda malah penasaran dengan apa yang sebetulnya terjadi dengan Anda.
4.      Keduanya harus cemburu
Ingat, pacaran adalah hubungan dua insan. Jadi rasa cemburu yang muncul harus dari keduanya. Bukan dari Anda saja atau dari si dia saja. Jika Anda pernah merasa cemburu pada pacar Anda, maka tak ada salahnya buat si dia juga cemburu pada Anda. Yang saya maksud bukan tentang perang kecemburuan. Tapi ini lebih berbicara tentang keseimbangan.
5.      Pengalihan rasa
Jika Anda merasakan rasa cemburu yang tengah anda alami terlalu berlebihan, maka sebaiknya tidak disarankan untuk langsung mengeksekusi rasa cemburu tersebut sesegera mungkin. Biarkan dulu mereda sampai Anda merasa santai. Sebaiknya alihkan rasa cemburu itu dengan main mungkin curhat. 
Bagaimanapun caranya, demi pacaran yang Anda jalani menjadi pacaran yang sehat, Anda harus mengontrol rasa cemburu itu. Pacaran adalah tentang strategi agar tetap saling bersama, bukan? 

0 Komentar di "Cara Mengatasi Cemburu"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali