Maintenance PLTMH Cimanggu (1)

Kamis, 21 Juni 2012

Maintenance PLTMH Cimanggu (1)


Rumah Pembangkit PLTMH Cimanggu
PLTMH Cimanggu. Mungkin banyak yang tidak mengetahui tentang PLTMH Cimanggu. PLTMH saja mungkin sedikit yang tahu. PLTMH itu adalah pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Seperti pembangkit listrik tenaga air, tetapi pembangkit yang satu ini menggunakan sungai kecil sebagai sumber tenaga.

Cimanggu merupakan salah satu desa yang berada di Kab. Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Kebanyakan warga disana bekerja sebagai petani. Ya, daerah Cimanggu berada di pegunungan yang udaranya sejuk dan sangat mendukung buat perkebunan.

Keberadaan PLTMH di desa ini berawal dari sebuah ekspedisi beberapa mahasiswa jurusan Teknik Elektro Trisakti yang sedang mengunjungi PLTMH di desa seberang, Desa Cipayung. Mereka iseng berjalan-jalan dan menemukan sebuah desa yang berada di atas bukit yang belum ada listrik.

Melihat hal tersebut, mereka berinisiatif membangun sebuah PLTMH di desa tersebut. Sungai sebagai sumber tenaga pun berhasil mereka dapatkan. Desa yang kita bicarakan disini itulah Desa Cimanggu.

Maintenance PLTMH Cimanggu
Gotong Royong Warga
Pembangunan dimulai tahun 2004 dan diresmikan tahun 2007. Para warga di desa tersebut kini sudah bisa menggunakan listrik, walaupun terbatas.

Memasuki tahun 2011, saya sebagai mahasiswa baru angkatan 2010 turut serta menjadi anggota tim maintenance yang rutin berkunjung 6 bulan sekali.

Namun baru pada akhir April atau awal Mei 2012, saya beserta beberapa anggota tim mengunjungi Desa Cimanggu. Kira-kira 7 orang termasuk saya berangkat ke Desa Cimanggu. Kami berangkat menggunakan truk tronton Universitas Trisakti. Lama perjalanan kurang lebih 4-5 jam.

Jangan harap perjalanan lancar seperti jalan tol. Perjalanan melintasi sisi gunung yang jalannya hanya muat 2 mobil dan di satu sisinya adalah jurang!


Maintenance PLTMH Cimanggu
Perjalanan Menuju Pembangkit
Begitu sampai pun ternyata kami masih harus berjalan kaki selama hampir kurang 45-60 menit. Medan yang kami tempuh adalah mendaki. Ternyata Cimanggu bukanlah sebuah desa, namun adalah sebuah dusun yang terletak di balik gunung! Luar biasa

PLTMH Cimanggu sendiri berjarak 3 bukit dari pusat dusun Cimanggu. Kira-kira memakan waktu 30-45 menit berjalan kaki. Medannya pun sama, jalan setapak yang di satu sisinya adalah jurang.

Kunjungan pertama kali dalam rangka Maintenance PLTMH Cimanggu lebih fokus kepada keadaan rumah pembangkit, bak penenang, saluran air, dan pembendungan aliran sungai. Dari situ saya mengetahui suatu barang yang bernama blonjang. Blonjang itu berbentuk kawat besar dan disini digunakan sebagai tempat batu-batu ditumpukkan untuk membendung aliran sungai. Hehe..

Blog Tyo Kesulitan :D
Satu hal yang menarik dalam Maintenance PLTMH Cimanggu, warga setempat masih kental dengan etos gotong royong. Mereka seolah tak mempedulikan kepentingan masing-masing. Mereka bahu-membahu demi kepentingan bersama.


Dua hal yang menarik dan membekas di pengalaman saya. Saya sering kali terpeleset saat berjalan dari dusun menuju PLTMH Cimanggu. Karena memang, jalan setapak itu sangat licin karena semalam diguyur hujan. Jadilah baju dan celana berlumuran lumpur :D

Saya baru sempat menulis Maintenance PLTMH Cimanggu sekarang. Karena sebelumnya saya sangat jarang membuka blog karena satu dan hal lain. Salah satunya karena saya fokus berjualan Jersey Murah. Jadi kalau mau beli jersey bola, ke saya aja. :p

Nantikan artikel Maintenance PLTMH Cimanggu berikutnya. Karena pada 19-21 Mei 2012 yang lalu kami sudah melakukan Maintenance PLTMH Cimanggu tahap kedua.





1 Komentar untuk "Maintenance PLTMH Cimanggu (1)"

  1. Bagi yang membutuhkan turbin PLTMH desain SNI. turbin kecil berdaya besar. silahkan hubungi 085258747718 atau email radyturbin5@gmail.com

    BalasHapus

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali