Cara Membuat Twitter Bot

Rizki Prasetyo | 22.05 | 20 comments

Cara Membuat Twitter Bot
Twitter merupakan social network yang sangat populer akhir-akhir ini. Tapi siapa yang tahu kalau twitter bisa digunakan sebagai sarana spam yang sangat mudah? Selain menggunakan akun milik sendiri, kita bisa menggunakan yang saya sebut Twitter Bot.

Keingintahuan saya mengenai twitter bot ini berawal dari keinginan saya untuk promosi lapak Jersey KW Thailand melalui twitter. Setelah googling sana-sini, saya menemukan Cara Membuat Twitter Bot yang sangat lengkap dan bagus dari berliansianipar.com.

Artikel dibawah ini disadur dari situs tersebut.


Twitter bot adalah sebuah akun twitter yang melakukan tugas yang diberikan kepadanya secara otomatis seperti robot. Itulah mengapa disebut twitter bot. Robot yang beroperasi diTwitter. Tugas-tugas yang biasa diberikan kepada twitter bot ini di antaranya :
Apakah fungsi Twitter bot hanya untuk iseng-isengan saja? Ternyata tidak. Twitter bot bisa berfungsi sebagai mesin uang juga. Inilah yang dinamakan dengan twitter marketing, marketing lewat twitter. Itulah mengapa ada software twitter bot yang dijual seharga $147, karena twitter bot bisa mendatangkan uang lebih besar dari itu! Nah, menarik kan? :)
Coba bayangkan kalau anda adalah seorang pemilik bisnis di Jakarta. Toko bunga misalnya. Sekian ratus ribu pemilik akun twitter aktif yang tinggal di Jakarta bisa menjadi calon konsumen Anda kalau saja mereka tahu tentang bisnis Anda. Sayangnya perlu biaya besar atau kreativitas tinggi untuk mengenalkan produk bisnis Anda kepada ratusan ribu orang sekaligus. Twitter bot memudahkan tugas itu. Tinggal kita perintahkan saja twitter bot kita untuk otomatis memfollow setiap orang yang tweetnya mengandung kata “Jakarta” atau “jkt” atau “bunga”. Biasanya pemilik akun twitter kalau membaca notifikasi bahwa seseorang memfollow akun twitter mereka, mereka akan melihat profil follower baru mereka itu. Kalau kita bisa membuat mereka tertarik untuk memfollow akun twitter kita dengan menuliskan bio yang menarik di profil akun twitter kita, kemungkinan mereka akan memfollow akun twitter kita. Misalnya kita tuliskan saja di bio profil akun twitter kita, “Follow @TokoBungaJakarta untuk mendapatkan diskon khusus untuk follower kami!” Pemilik akun twitter yang membaca bio kita itu kemungkinan akan memfollow akun twitter kita kalau mereka merasa membutuhkan produk bisnis kita.
Twitter marketing menggunakan twitter bot juga digunakan oleh para internet marketer yang memasarkan produk-produk affiliate misalnya Amazon.com. Jadi kalau ada seseorang yang ngetweet mengandung kata iPad, maka twitter bot mereka otomatis mereply dengan memberikan link affiliate mereka. Kalau orang itu membeli iPad lewat link itu, maka internet marketer itu mendapat komisi dari penjualan itu. Dengan ratusan juta pengguna, twitter adalah kerumunan orang-orang yang bisa kita manfaatkan untuk tempat berjualan produk kita.
Ok, sekarang sampailah kita ke pembahasan utama kita, cara membuat twitter bot gratis menggunakan Yahoo Pipes, Feedburner dan Twitterfeed. Alur kerja kita adalah sebagai berikut :
Cara Membuat Twitter Bot
Sekarang mari kita mulai membuat twitter bot kita.
Dulu twitter membolehkan pengguna untuk menarik RSS langsung dari hasil Twitter Search. Sekarang Twitter menghilangkan fitur itu. Entah karena memperberat kinerja server atau karena sering disalahgunakan, saya gak tau. hehe. Twitter juga mengubah URL Twitter Search sehingga kita tidak bisa langsung menarik RSS dari URL Twitter Search Result. Untungnya kita masih bisa menarik RSS Twitter Search dengan trik berikut ini.
Masuk ke halaman Twitter Search, lalu ketikkan kata kunci anda dengan advanced operator berikut di search box :
kata kunci 1” OR katakunci2 -source:twitterfeed -filter:retweets
Kita memfilter tweet yang dipost dari twitterfeed karena tweet yang diposting dari twitterfeed biasanya adalah tweet otomatis. Kita juga memfilter retweet karena kita menginginkan tweet yang diposting sendiri oleh pengguna twitter. O ya, kalau kata kunci anda adalah frase alias terdiri dari dua kata atau lebih, tuliskanlah kata kunci anda itu dengan tanda petik ( “kata kunci” ).
Di halaman hasil pencariannya, copy URLnya setelah /search/ lalu paste di belakang URL rahasia berikut :
http://search.twitter.com/search.atom?q=
Misalnya kita ingin membuat Twitter Bot dengan kata kunci jogja atau yogyakarta, maka di kotak search Twitter saya harus mengetikkan
jogja OR yogyakarta -source:twitterfeed -filter:retweets
Cara Membuat Twitter Bot
Halaman hasil pencariannya akan memiliki URL :
https://twitter.com/#!/search/jogja%20OR%20yogyakarta%20-source%3Atwitterfeed%20-filter%3Aretweets
Kita copy URL di belakang /search/ lalu kita paste di belakang URL rahasia tadi sehingga menjadi
http://search.twitter.com/search.atom?q=jogja%20OR%20yogyakarta%20-source%3Atwitterfeed%20-filter%3Aretweets
Ini adalah URL RSS yang akan kita tarik ke Feedburner, silakan dicopy dulu ke Notepad.
Masuk ke halaman Feedburner, lalu paste URL tadi ke kolom di bawah tulisan “Burn a feed right this instant. Type your blog or feed address here:” lalu klik NEXT.
Cara Membuat Twitter Bot
Cara Membuat Twitter Bot
Di halaman berikutnya, kita akan melihat URL RSS Twitter Bot kita seperti ini :
Cara Membuat Twitter Bot
URL RSS kita adalah http://feeds.feedburner.com/jogjabot. Catatlah URL anda di Notepad. Klik “Skip directly to feed management” karena kita tidak membutuhkan statistik feedburner.
Feedburner beres, sekarang kita menuju ke Yahoo Pipes.
Langkah ini agak rumit. Untungnya anda tidak perlu berumit-rumit ria  karena saya telah menyediakan script yahoo pipes yang bisa anda copy. Silakan menuju ke pipes saya disini (tunggu 5 detik lalu klik SKIP AD di kanan atas).
Cara Membuat Twitter Bot
Anda tinggal login dengan akun Yahoo anda lalu klik CLONE. Anda akan memiliki kloningan pipes saya dengan judul JogjaBot copy. Rename lah pipes itu menjadi sesuai dengan bot yang sedang anda buat dengan cara mengklik judul JogjaBot copy itu. Jangan lupa klik SAVE setelah mengeditnya.
Kemudian, kita edit kloningan pipes itu dengan cara klik EDIT SOURCE yang letaknya di sebelah kiri tombol CLONE tadi. Anda akan dibawa ke tampilan source pipes itu. Mungkin akan tampak ruwet, tapi sebenarnya tidak. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengedit kotak pertama di sebelah kiri atas. Gantilah URL feed yang ada di situ dengan URL feed anda dari feedburner tadi.
Cara Membuat Twitter Bot
Sekilas keterangan gambar bagan pipes di atas, kotak paling atas sebelah kiri adalah RSS feed dari feedburner yang tadi kita buat. Kotak di bawahnya adalah filter untuk memblokir tweet yang mengandung kata RT, porn dan sex. Anda bisa mengeditnya lagi atau bahkan menambahkan filter untuk memblokir kata-kata lain dengan mengklik tombol + di samping tulisan RULES pada kotak ke dua tersebut.
Kotak ke tiga adalah filter untuk memblokir tweet yang berupa reply. Kita hanya ingin memerintahkan Twitter Bot kita untuk mereply tweet utamanya, bukan replynya. Kotak ke empat berfungsi untuk menggenerate tweet yang akan kita post. Sedangkan kotak ke lima adalah untuk mengkustomasi tweet yang akan kita post nanti. Dalam gambar di atas, tweetnya nanti akan berupa retweet dengan format RT @user tweet asli. Anda bisa mengkustomasinya misalnya dengan mengganti RT dengan kalimat Selamat datang di Jogja:) sehingga nanti formatnya Selamat datang di Jogja :) @user tweet asli. Ingat, kalimatnya jangan panjang2. Ntar malah tweetnya tidak memuat nama user yang kita reply. Hehe.
O ya, kalau anda memanfaatkan Twitter Bot ini untuk berjualan, jangan memasukkan link dalam tweet kita karena Twitter akan mendeteksi tweet kita sebagai spam dan memblokir akun twitter kita. Saya udah pernah soalnya. Hehe.. Solusinya adalah dengan tidak memasukkan link ke dalam tweet kita, hanya di bio kita. Biarkan orang membaca bio kita, bila mereka tertarik mereka akan mengklik link yang kita sertakan di bio twitter kita. Lebih baik tidak begitu agresif tapi aman daripada bermain agresif lalu akun twitter anda disuspend.
Kalau sudah, klik SAVE. Sekarang mari kita tes pipes kita dengan mengklik RUN PIPE di bagian atas bagan pipes tadi. Kalau error atau hasil test run pipe masih memperlihatkan feed dari pipe asli saya (jogjabot), tunggu sebentar supaya feed kita terrefresh, kemudian coba Run Pipe lagi. Kalo belum lagi, ulang terus sampai pipes anda menghasilkan feed dari feedburner anda sendiri. Yahoo pipes perlu beberapa saat untuk merefresh input feednya.
Hasil test run pipe kita akan menjadi seperti ini :
Cara Membuat Twitter Bot
Langkah terakhir di Yahoo Pipes ini adalah mendapatkan RSSnya dengan cara mengklik GET AS RSS seperti gambar di atas. Di halaman yang terbuka, copy URL yang ada di kotak URL browser anda. URL RSS saya adalah http://pipes.yahoo.com/pipes/pipe.run?_id=a2ac26409d30efcf4e4141db119176bd&_render=rss
Buka twitterfeed.com lalu login atau buatlah akun baru. Di halaman New Feed, beri nama RSS Twitterfeed anda lalu masukkan alamat RSS dari Yahoo Pipes tadi. Anda juga bisa mengkustomasi frekuensi update tweet anda dan beberapa setting lainnya dengan mengklik ADVANCED SETTINGS. Saran saya, frekuensi update pilih Every hour dan anda bisa pilih 5 tweet sekali post. Kalau anda ingin pilih tiap 30 menit, pilih 1-2 tweet sekali post supaya tidak dianggap spam oleh Twitter. Pada bagian Post Content, pilih “title only”. Di Advanced Settings anda juga bisa menambahkan kata2 di depan atau di belakang tweet anda di kolom Post Prefix dan Post Suffix. Setelah itu klik CONTINUE TO STEP 2.
Cara Membuat Twitter Bot
Di Step 2 ini kita akan memberi ijin twitterfeed untuk mengupdate tweet kita secara otomatis. Pastikan anda login di akun twitter bot anda sebelum menekan tombol Authenticate Twitter Using OAuth.
Cara Membuat Twitter Bot
Setelah mengklik tombol Authenticate Twitter Using  OAuth anda akan dibawa ke situs Twitter. Klik Authorize app, lalu anda akan dibawa kembali ke Twitterfeed. Setelah itu klik CREATE SERVICE lalu klik ALL DONE.
Selesai ! Twitter Bot anda sudah jadi, dan Twitterfeed akan mengupdate akun twitter anda secara otomatis sesuai setting yang anda tentukan tadi. Contoh twitter bot yang saya buat waktu bikin postingan ini bisa anda lihat di akun twitter @JogjaRamah.

Category : ,

About Blogtyo.com :
Rizki Prasetyo Hutomo seseorang yang cinta sepakbola, namun tidak bisa bermain bola. Biasa dipanggil Rizki atau Tyo. Biasa menulis di kala senggang, tulisannya telah masuk dalam proyek nulisbuku.com

20 komentar :

  1. jelas sekali ..
    terima kasih,,semoga sukses,,..
    maju terus blogtyo ..
    :D

    BalasHapus
  2. terima kasih banyak untuk berbagi informasi ... Semoga Tuhan memberikan yang terbaik buat Kita Semua

    BalasHapus
  3. Udah semua di jalan kan msaka gak work --"

    Gagal PM

    BalasHapus
  4. Ya...Akunnya agan di suspended oleh twitter

    BalasHapus
  5. Thx yo infonya :) www.akijai.com @aki_jai

    BalasHapus
  6. Foto-fotonya gak muncuk gan, agak ribet baca teks nya aja. :(

    BalasHapus
  7. sama pak anonim, gan tyo potonya g muncul *cry

    BalasHapus
  8. waduhh sedikit ga mudeng tapi mantap

    BalasHapus
  9. feednya udah ga mau bos

    BalasHapus
  10. hati2...account agan bisa tersuspend :D

    BalasHapus
  11. tahun lalu saya mengikuti tutorial ini sukses besar, tapi sekarang rawan akun disuspend. feednya juga udah ga bisa.

    BalasHapus
  12. Hebat blog ini, dr semua yg sy sudah search, ini yg paling OK, lengkap dan clear penjelasannya. Cuman untuk menarik RSS Twitter Search, kok tidak bisa ya. Mohon dibantu. Tulisannya Received HTTP error: "Gone" while fetching source feed.. Tks

    BalasHapus
  13. panjang dan lebar.. lebar dan panjang,, panjang panjang dan lebar lebar..UDAH GAK WORK brother.. buruan cekidoot az ke roundteam.co yg msh work

    BalasHapus
  14. Udah berubah itu. saya dulu pernah berhasil dari Tutorialnya Berlinsianipar. Tapi yg link untuk ditarik ke feedburner tidak berhasil

    BalasHapus
  15. kok tdk bisa bro...
    apa sekarang sudah tidak bisa dengan cara ini??

    BalasHapus
  16. masak yg buat bot di blog ini akun twitternya malah kesuspend..piye iki?ra well alias apus2... :p

    BalasHapus

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali