Kompetisi WEB Kompas MuDA & Pertamina

Kamis, 23 Februari 2012

Kompetisi WEB Kompas MuDA & Pertamina

Kompetisi WEB Kompas MuDA & Pertamina adalah kontes SEO kesekian yang saya ikuti. Semoga kali ini google berpihak kepada saya.

Kompetisi WEB Kompas MuDA & Pertamina ini merupakan bagian dari kompetisi muda yang diadakan oleh Komunitas Kompas MuDA dan Sobat Bumi dalam rangka perayaan 5 tahun Komunitas Kompas MuDA. Selain Kompetisi WEB Kompas MuDA & Pertamina, ada juga lomba foto, musikustix, serta lomba komik. Keseluruhan lomba itu bertemakan "Investasikan Energimu Untuk Bumi".


Berbicara mengenai bumi, sepertinya sangat dekat dengan lingkungan hidup. Jauh sebelum munculnya keserakahan, pengrusakan, serta kepedulian kita terhadap lingkungan, di dalam kitab suci al-qur'an sudah tertulis bahwa lingkungan hidup itu adalah suatu sistem yang menjadi satu kesatuan. Apabila salah satu bagian dari sistem itu rusak maka akan muncul ketidak seimbangan lalu akan menimbulkan kehancuran.

Kompetisi WEB Kompas MuDA & Pertamina mengambil tema Investasikan Energimu Untuk Bumi seharusnya bukan sekedar tulisan. Setidaknya dari sekian banyak tulisan dari peserta Kompetisi WEB Kompas MuDA & Pertamina ada yang bisa menginspirasi kita, kaum muda untuk peduli dan action terhadap penyelamatan lingkungan.

Bisa kita lihat bagaimana bapak kakek kita, bila melihat semboyan jagalah lingkungan untuk anak cucu kita, mewarisi lingkungan hidupnya kepada kita sebagai anak cucunya. Bagaimana pada tahun 50an, bahkan sampai awal 2000an, sebutan zamrud khatulistiwa tersemat angkuh di berbagai buku pelajaran ataupun berbagai media, seakan dijadikan oleh bapak kakek kita saat itu sebagai sumber kekayaan pribadi.

Hamparan hijau jika dilihat dari langit kini menjadi hamparan sawit. Air-air sungai yang mengalir, yang dahulu mama papa kita bercerita bagaimana beningnya air tersebut kini telah berubah keruh dan tak lagi indah seperti cerita orang tua.

Kompetisi WEB Kompas MuDA & Pertamina



Kompetisi WEB Kompas MuDA & Pertamina seakan mengingatkan kita terutama kaum muda untuk kembali menyempatkan waktu kita untuk melakukan sesuatu setidaknya tindakan kecil yang bisa menyelamatkan bumi.


Di kampus saya pada bulan Desember 2011 lalu, sempat mengadakan aksi sosial berupa pembersihan daerah pemukiman padat penduduk Pasar Grogol dan penanaman sejuta pohon di Kampus Nagrak, Cibubur.

Acara itu dihadiri oleh seluruh mahasiswa yang berasal dari 9 fakultas yang berada di Kampus Reformasi Trisakti. Acara ini juga mendapat dukungan dari pemerintah melalui Departemen Kehutanannya yang memang mempunyai program serupa yang intinya mengajak kita untuk menginvestasikan Energimu Untuk Bumi.

Apapun bentuk kegiatanmu, mungkin dengan Kompetisi WEB Kompas MuDA & Pertamina atau lainnya, seharusnya sudah berbau penyelamatan lingkungan Bumi. Kita mulai dari lingkungan keluarga, membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi banyak kita lihat puntung rokok berserakan dimana-mana, ada baiknya para perokok tidak membuang puntungnya di sembarang tempat.

Sudah waktunya, kalau tidak mau dibilang terlambat, kita investasikan energi kita untuk Bumi. Apa kita mau, saat kita beranjak dewasa dan mempunyai anak cucu, cerita tentang hutan dan udara sejuk hanya tinggal sebuah dongeng belaka? Saya sih ogah.

Sekian artikel ini dibuat untuk mengikuti Kompetisi WEB Kompas MuDA & Pertamina

Rating: 4.5

1 Komentar untuk "Kompetisi WEB Kompas MuDA & Pertamina"

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali