Tips Agar Mata Tidak Mudah Lelah

Jumat, 27 Januari 2012

Tips Agar Mata Tidak Mudah Lelah


Di era teknologi yang canggih seperti sekarang ini banyak orang menghabiskan sebagian waktunya dengan komputer dan gadget. Dalam runtinitas kantor saja setiap pekerja bisa menghabiskan waktu selama kurang lebih 8 jam dengan duduk di depan komputer. Hal ini tentu dapat mengakibatkan gangguan pada mata karena dengan menatap layar komputer lebih dari dua jam sehari tanpa istirahat saja, seseorang sudah berpotensi mengalami apa yang disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS)Computer Vision Syndrome adalah keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer terlalu lama. Hal ini biasa terjadi karena sistem pencahayaan yang kurang, aktivitas mata yang jarang berkedip ataupun posisi duduk yang salah atau tidak benar. 


Pakar kesehatan mata, Dr. Jennifer Ashton, menjelaskan bahwa CVS juga bisa dikarenakan penggunaan perangkat genggam seperti iPhone atau iPod secara berlebihan. Gejala paling umum adalah mata terasa perih, kering atau iritasi mata, kelelahan, dan sakit kepala. 
Mungkin tips berikut ini dapat berguna bagi Anda untuk mencegah dan mengurangi kelelahan pada mata. 
1. Pejamkan Mata Sejenak 
Ketika melihat layar komputer atau perangkat digital, mata seringkali berkedip dua atau tiga kali lebih sedikit daripada biasanya. Hal ini dapat mengakibatkan mata menjadi kering. Berkedip lebih sering membuat air mata membasahi seluruh indera penglihatan. Secara alami airmata merupakan obat mata. Jika Anda memiliki waktu senggang sebaiknya pejamkan mata selama beberapa saat.

2. Beristirakatlah 10 Sampai 15 Menit 
Apabila pekerjaan mengharuskan Anda untuk menghabiskan waktu lama di depan sebuah perangkat digital, gunakan cara yang jauh mudah yaitu meluangkan waktu anatar 10 sampai dengan 15 menit untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 meter dari tempat meja kerja anda. Aktivitas tersebut ternyata dapat memungkinkan mata Anda untuk bisa beristirahat.

3. Pencahayaan Warna 
Untuk membantu meringankan beban mata, Anda harus bisa menjaga agar cahaya komputer mengarah langsung ke benda atau sesuatu yang Anda baca, jangan arahkan langsung ke mata Anda. Atur posisi layar komputer Anda dengan cara mengurangi pantulan dari silau cahaya dekat jendela atau lampu di atas kepala Anda. Jika mata masih dalam posisi lelah, lihatlah warna biru atau warna hijau karena secara tidak langsung ini dapat mengobati kelelahan pada mata Anda.

4. Lokasi Layar Komputer dan Duduk 
Untuk mencegah dan menghindari gangguan pada mata, cara yang optimal dalam membuat stamina kedua bolah mata agar tidak mudah lelah adalah dengan meletakkan layar komputer anda 15 atau 20 derajat di bawah pandangan mata (sekitar 4-5 inci). Jaraknya berkisar antara 20-28 inci dari mata ke layar komputer Anda. Atur posisi duduk (90 derajat) dan posisi keyboard (100 derajat) dengan siku Anda.

5. Buah Timun 
Buat timun dapat memberikan manfaat bagi mata. Jika Anda ingin merelaksi kedua bola mata Anda sebaiknya mengunakan buah timun sebagai tahap penyembuhan. Dalam posisi berbaring, gunakan timun dan tempelkan di kedua mata. Sebaiknya timun ter lebih dahulu disimpan dalam lemari les. Cara ini sangat mudah utnuk membuat mata menjadi lebih fresh.

2 Komentar untuk "Tips Agar Mata Tidak Mudah Lelah"

  1. saya banget sobat. huhu,,
    kerjaan di depan layar ini sungguh membuat mata terasa cepat lelah, dan lagi minus bertambah..
    begh..
    thanks sobat, bisa saya praktekkan sesegera mungkin..
    salam persahabatan..

    BalasHapus
  2. Terimakasih Tipsnya ya, info yang sangat bermanfaat :)

    BalasHapus

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali