Kegagalan Bukan Akhir Segalanya

Sabtu, 10 Desember 2011

Kegagalan Bukan Akhir Segalanya

Kata “gagal” adalah kata yang membuat jantung setiap orang berdetak lebih kencang, karena begitu kata gagal kita ucapkan segala pikiran yang negatif langsung saja menyeruak masuk, dan diikuti oleh ketakutan-ketakutan yang mungkin harus dihadapi.


Begitu kegagalan terjadi dalam hidup kita, janganlah kita terburu-buru untuk mencap bahwa segalanya telah berakhir, tetapi cobalah untuk melihat gambaran besarnya. Sehingga itu akan membawa kita kepada ketekunan, dan ketekunan menjadikan kita memiliki daya tahan, dan daya tahan memberi kesempatan untuk sukses.

Ibarat/perumpamaan
Jika seseorang disuruh menyusun batu-bata tanpa diberitahukan maksud dari pekerjaan itu, jika ia mengalami kegagalan-kegagalan kecil, maka ia akan berhenti dan meninggalkan pekerjaan itu. Jika seorang yang lain disuruh mengerjakan hal yang sama yaitu menyusun batu-bata, tetapi orang ini diberitahu bahwa apa yang ia kerjakan akan menjadi sebuah istana yang megah. Jika ia mengalami kegagalan-kegagalan kecil, ia akan tetap bertekun dan meneruskan pekerjaannya sampai ia bisa melihat sebuah istana yang megah.


Solusi
Agar suatu kegagalan tidak membuat kita putus asa dan patah semangat, kita perlu mendifinisikan ulang arti sebuah kegagalan. Kegagalan, bukanlah suatu tempat yang pada akhirnya kita berhenti, melainkan suatu proses yang terus berjalan, dan tak seorangpun dapat menyimpulkan bahwa seseorang itu telah gagal sebelum menghembuskan nafas yang terakhirnya.


Seringkali justru satu-satunya yang bisa mencap bahwa seseorang itu telah gagal adalah dirinya sendiri. Dan itu sangat subyektif, karena respon kita sendirilah yang menentukan apakah kita telah gagal atau tidak.


Banyak orang menyangka kegagalan adalah musuh yang harus dihindari, akan tetapi pola pikir seperti itu akan membuat seseorang tidak berani berbuat sesuatu. Setiap peristiwa – entah baik ataupun buruk – adalah suatu langkah kecil dalam proses menjalani kehidupan.


Arti Gagal di mata orang-orang sukses
“Banyak orang yang gagal tidak sadar betapa dekatnya mereka dengan sukses ketika mereka menyerah” (thomas Edison)
"Hanya mereka yang berani gagal dapat meraih keberhasilan."
-- John F. Kennedy. --
"Keberhasilan tidak diukur dengan apa yang anda raih, namun kegagalan yang telah anda hadapi, dan keberanian yang membuat anda tetap berjuang melawan rintangan yang datang bertubi-tubi."
-- Orison Swett Marden --
"Kebanggan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali ketika kita jatuh."
-- Confusius --
"Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah."
-- Thomas Alva Edison --
"Kegagalan dapat dibagi menjadi dua sebab. Yakni, orang yang berpikir tapi tidak pernah bertindak, dan orang yang bertindak tapi tidak pernah berpikir."
-- W.A. Nance --
"Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat."
-- Winston Chuchill --
"Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan."
-- General Colin Powell --
Orang-orang yang gagal dibagi menjadi dua, yaitu mereka yang berpikir gagal padahal tidak pernah melakukannya, dan mereka yang melakukan kegagalan dan tak pernah memikirkannya."
-- John Charles Salak --
"Kegagalan adalah sesuatu yang bisa kita hindari dengan; tidak mengatakan apa-apa, tidak melakukan apa-apa dan tidak menjadi apa-apa."
-- Denis Waitley --
"Kegagalan adalah satu-satunya kesempatan untk memulai lagi dengan lebih cerdik."
-- Henry Ford --


Orang-orang yang sukses mampu memandang kegagalan atau pengalaman negative sebagai bagian yang biasa dari hidupnya, belajar darinya, dan kemudian maju terus. Mereka bertekun untuk mencapai maksud / tujuan dalam hidupnya.

0 Komentar di "Kegagalan Bukan Akhir Segalanya"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali