Desa Cimanggu Xlangkah Lebih Maju

Rizki Prasetyo | 11.00 | 4 comments


PLTMH Cimanggu. Mungkin banyak yang tidak mengetahui tentang PLTMH Cimanggu. PLTMH saja mungkin sedikit yang tahu. PLTMH itu adalah pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Seperti pembangkit listrik tenaga air, tetapi pembangkit yang satu ini menggunakan sungai kecil sebagai sumber tenaga.

Cimanggu merupakan salah satu desa yang berada di Kab. Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Kebanyakan warga disana bekerja sebagai petani. Ya, daerah Cimanggu berada di pegunungan yang udaranya sejuk dan sangat mendukung buat perkebunan.

Keberadaan PLTMH di desa ini berawal dari sebuah ekspedisi beberapa mahasiswa jurusan Teknik Elektro Trisakti yang sedang mengunjungi PLTMH di desa seberang, Desa Cipayung. Mereka iseng berjalan-jalan dan menemukan sebuah desa yang berada di atas bukit yang belum ada listrik.

Potensi Sekitar Pembangkit
Melihat hal tersebut, mereka berinisiatif membangun sebuah PLTMH di desa tersebut. Sungai sebagai sumber tenaga pun berhasil mereka dapatkan. Desa yang kita bicarakan disini itulah Desa Cimanggu.

Pembangunan dimulai tahun 2004 dan diresmikan tahun 2007. Para warga di desa tersebut kini sudah bisa menggunakan listrik, walaupun terbatas.

Memasuki tahun 2011, saya sebagai mahasiswa baru angkatan 2010 turut serta menjadi anggota tim maintenance yang rutin berkunjung 6 bulan sekali. Saya tergabung di divisi Sosmas yang berperan dalam meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Dengan fungsi saya sebagai Sosmas, tentu saya harus mencari berbagai referensi untuk diaplikasikan kepada masyarakat Desa Cimanggu. Disini peran internet berbicara. Saya mendapat sebuah ide untuk membuat taman baca di desa tersebut. Lalu saya mencari referensi di internet. Tentang bagaimana mencari buku-bukunya, mencari LSM yang biasa membantu warga desa, atau juga mencari tahu bagaimana membudayakan membaca di desa.


Dengan kartu XL, saya tidak merasakan yang namanya internet lemot. Jadi, semangat saya tetap menyala karena sekali klik tidak perlu menunggu lama. Pastinya semua juga sama, kalau koneksi internetnya lemot, pasti mood jadi berubah dan jadi malas.

Saya akhirnya mendapatkan yang saya butuhkan melalui internet. Kebayangkan kalau gak ada internet, saya harus mencari referensi entah itu ke perpustakaan, berkunjung langsung ke LSM yang belum tentu tepat, atau malah berjalan kesana-kemari yang belum pasti pas dengan apa yang saya butuhkan.

Tapi dengan internet, saya cukup duduk di rumah atau di kampus, klik sana klik sini, semua bisa saya dapatkan. Semua informasi, contact person, dan kebutuhan yang saya perlu ada semua disana.

Kini, dengan internet saya bisa secepat mungkin mencari bahan yang saya butuhkan untuk program yang saya ingin lakukan di desa Cimanggu. Xlangkah Lebih Maju pastinya. FYI, koneksi XL di desa Cimanggu oke punya lho, malah kayaknya lebih lancar dibanding ketika saya ada di Bintaro,hehe..

Nb. Program taman baca di desa Cimanggu sedang menunggu cairnya dana dari salah satu BUMN. Insya allah, Januari 2012 dana cair dan kami bisa memulai semua program untuk desa Cimanggu, terutama untuk maintenance pembangkitnya. Bagi para pembaca yang ingin membantu, silahkan berpartisipasi..

Category :

About Blogtyo.com :
Rizki Prasetyo Hutomo seseorang yang cinta sepakbola, namun tidak bisa bermain bola. Biasa dipanggil Rizki atau Tyo. Biasa menulis di kala senggang, tulisannya telah masuk dalam proyek nulisbuku.com

4 komentar :

  1. nice post gan..oya kalo boleh tukeran link ini link saya
    http://blog.umy.ac.id/ghea
    kalo sudah terpasang kabarin yah gan thx

    BalasHapus
  2. kisah yang menarik

    nice artikel bos

    BalasHapus
  3. @ghea
    sudah dipasang di page tukeran link :)
    terima kasih

    @inspirasiku
    thx ya bos :)

    BalasHapus
  4. Mohon update turbin CIMANGGU masih mutar gak ya?

    abi e01

    BalasHapus

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali