Jembatan Terpanjang di Dunia Ada di China

Jumat, 01 Juli 2011

Jembatan Terpanjang di Dunia Ada di China


China telah membuka jembatan terpanjang di dunia yang melintasi laut. Jembatan itu, diberi nama Jiaozhou Bay, memiliki panjang 42 kilometer. Ia menghubungkan kota pelabuhan Qingdao yang ada di kawasan timur negeri itu dengan pulau Huangdao.

Menurut China Central Television, stasiun televisi pemerintah China, jembatan dengan lebar 35 meter itu merupakan jembatan terpanjang. Saat dibangun, proyek memakan biaya hingga di atas US$1,5 miliar atau sekitar Rp12,8 triliun.

Kalau kita bandingkan biaya pembangunan jembatan ini dengan Jembatan Suramadu, maka Jembatan Suramadu yang hanya memiliki panjang 5.438 m menghabiskan biaya Rp4,5 triliun. Jadi kalau dirata-ratakan 1 km Jembatan Suramadu menghabiskan biaya Rp900 juta. Bandingkan dengan Jembatan terpanjang di dunia, yang 1 km-nya hanya menghabiskan Rp30,5 juta.



Dikutip dari CCTV, 1 Juli 2011, jembatan itu berhasil lolos penilaian konstruksi pada Senin, 27 Juni lalu. Jembatan dan juga terowongan bawah tanah segera dibuka untuk lalu-lintas kendaraan, sehari setelahnya.

Untuk dapat berdiri, Jiaozhou Bay ditopang oleh lebih dari 5.000 pilar. Adapun pengerjaan jembatan tersebut baru dapat dituntaskan setelah 4 tahun pembangunan.

Menurut catatan Guinness World Records, pemegang rekor sebelumnya untuk kategori jembatan di atas perairan adalah Lake Pontchartrain Causeway di Louisiana, Amerika Serikat. Dibandingkan dengan jembatan tersebut, jembatan yang baru diresmikan di China ini 4 kilometer lebih panjang.





Berikut ini beberapa foto dari Jembatan terpanjang di dunia ini.




Jiaozhou Bay 1..


Jiaozhou Bay 2..


Yang Terakhir..

0 Komentar di "Jembatan Terpanjang di Dunia Ada di China"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali