Tips Pacaran Jarak Jauh

Selasa, 21 Juni 2011

Tips Pacaran Jarak Jauh

Pacaran jarak jauh mempunyai  beberapa alasan mengapa bisa terjadi pacaran jarak jauh. Antara lain,



Pertama, perjumpaan dan kenalan di dunia maya menjadi fenomena yang lazim.  Si Cowok  di kota X,  si cewek di kota Y.  Awalnya hanya chatting-an, namun menjalin hubungan pacar karena komunikasi yang intensif.

Kedua, dikarenakan  harus masuk kuliah ke kota lain. Salah satu atau keduanya harus meninggalkan kotanya ke luar negri atau kota lain.

Ketiga, karena salah satu atau keduanya harus pindah tugas atau mendapat kerja di kota berbeda. Tuntutan kerja dan ekonomi membuat beberapa mereka harus pindah. Mengadu nasib, meningkatkan penghasilan dan tabungan. Semua alasannya juga untuk persiapan pernikahan. Apalagi biaya nikah katanya sekarang ampun mahalnya.

Dengan jarangnya bertatap muka, sukarnya bermalam mingguan…maka berkenalan dalam arti sesungguhnya akan sangat minim (terbatas). Maklum saat pacaran biasanya hanya menampilkan hal yang “baik-baik” saja. Kita tahu bahwa tujuan utama berpacaran adalah saling mengenal satu sama lain.


Jadi kita perlu menyiasati agar hubungan  kalian meski saling berjauhan berlangsung dengan baik, aman dan sukses. Saya memberikan beberapa tips pacaran jarak jauh, yang sebenarnya belum tentu juga bisa saya lakukan,hehe..


1. Sadarilah bahwa pacaran jarak jauh akan menyita lebih banyak emosi. Kadang juga biaya untuk sesekali bertemu. Pacaran jarak jauh biasa disebut “cinta berat di ongkos”. Tanpa sifat dan kerelaan berkorban beberapa orang akan cepat putus di tengah jalan. Cintanya layu sebelum berkembang.


2. Ada baiknya menyediakan waktu yang cukup untuk saling mengenal. Usahakan menyediakan waktu libur untuk saling bertemu secara langsung  Sebab jika nantinya dilanjutkan ke jenjang pernikahan Kalian sudah sungguh-sungguh saling mengenal. Dengan demikian jauh lebih aman menikah dengan yang sungguh Anda kenal, daripada hanya sekedar mengenal. Akan sangat bijak dan lengkap jika kalian berdua mau mengikuti tes kepribadian yang diadakan di beberapa pusat psikologi.


3. Sediakan waktu setiap hari untuk menelpon, kirim sms, email, bbm atau apapun yang sifatnya membangun komunikasi. Bahaya sekali jika pacar anda ternyata miskin secara emosi, dan mudah tersinggung. Telat balas SMS saja sudah ngambek. Ini tentu merepotkan Anda. Memberi perhatian dan apresiasi, sangat penting menguatkan hubungan. Namun jika pacar Anda menuntut berlebihan, tentu saja merugikan.


4. Jika ada konflik berupa perbedaan pendapat atau miskomunikasi atau kekecewaan tertentu usahakan telpon. Jangan gunakan sms, email, bbm atau lainnya, sebab sarana itu relatif minim emosi. Usahakan setiap masalah diselesaikan secara harian, jangan ditunda. Sebelum matahari terbenam hendaklah sudah padam amarahmu, artinya jangan dibawa tidur.


5. Seperti saran saya di atas idealnya pacar Anda sudah lebih dulu dikenal di dunia nyata, baru komunikasi lewat dunia maya. Namun jika tidak, usahakan ada pertemuan intens di dunia nyata sebelum melangsungkan pernikahan.


6. Jika lebih banyak kenal di dunia maya, carilah informasi sebanyak banyaknya pacar Anda dari orang orang yang mengenal dia dengan baik.


7. Jika pacaran jarak jauh ini memberatkan salah satu darinkalian, dan lebih banyak menimbulkan konflik sampai mengganggu studi, pekerjaan bahkan kesehatan jangan segan memutuskan hubungan. Sebab pacaran sehat sifatnya saling membangun, saling pengertian dan menjadi berkat.


Semoga beberapa tips dari saya itu bisa menginspirasi kalian agar tidak terlalu bermasalah dengan pacaran jarak jauh atau long distance relationship.

0 Komentar di "Tips Pacaran Jarak Jauh"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali