KRL Commuter Hanya Sediakan 5 Jalur

Sabtu, 18 Juni 2011

KRL Commuter Hanya Sediakan 5 Jalur

Pola operasi Kereta Rel Listrik (KRL) di Ibukota Jakarta dan sekitarnya akan berubah mulai akhir 2011. Jika kini perjalanan KRL memiliki 37 rute, maka nantinya hanya memiliki lima rute, termasuk penerapan circle line untuk lintas tengah.


Menurut Corporate Secretary PT KAI Commuter Jabodetabek, Makmur Syaheran, perubahan pola operasi ini akan disesuaikan kembali setelah kondisi dan kapasitas prasarana dan sarananya siap.

"Dengan perubahan menjadi lima rute diharapkan tidak ada penyusulan dan tidak terjadi lagi crossing antar KRL berbeda rute di Jabodetabek," ujar Makmur dalam jumpa pers di kantor PT KAI Commuter Jabodetabek di stasiun Djuanda Jakarta, Sabtu, 18 Juni 2011.

Lima rute yang sedianya efektif beroperasi pada akhir tahun ini adalah rute 1 yang melintas Bogor-Manggarai-Tanah Abang-Duri-Jakarta Kota-Jatinegara. Rute 2 melintas Parung-Panjang-Serpong-Tanah Abang. Kemudian Rute 3 melewati Tangerang-Duri. Rute 4 melintas Tanjung Priok-Jakarta Kota, dan Rute 5 melintas Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Jakarta Kota.

Sebelum perubahan pola operasi tahap kedua dilaksanakan, mulai 2 Juli 2011 perubahan pola operasi tahap pertama akan lebih dulu dilakukan, yakni tiap KRL akan berhenti di tiap stasiun agar tidak akan ada penyusulan antar-KRL.

Makmur mengatakan, dengan adanya perubahan pola operasi ini maka jumlah perjalanan KRL akan lebih maksimal dan lebih baik dari sisi pengendalian operasi. Selain itu dengan berubahnya pola operasi ini, dia optimistis akan lebih banyak penumpang yang terangkut.

Dengan target 1,2 juta penumpang per hari pada 2012, Makmur menyadari dibutuhkan penambahan unit KA. Dia memaparkan, penambahan armada masih terus dilakukan. Sebelum menjadi PT KAI Commuter Jabodetabek, PT KAI memiliki 386 unit kereta hingga 2008. Lalu pada 2009, perusahaan menambah 8 unit, dan 110 unit pada 2010.

"Tahun ini KCJ mendapat tender internasional 130 unit KA, jadi total penambahan dari 2009-2011 sebanyak 248 unit," katanya. "Pemerintah akan menambah 8 unit yang akan diserahkan Juli. Jadi totalnya 256 unit, dan KA yang sudah uzur akan diganti agar tidak mengganggu lintasan," lanjut Makmur.

0 Komentar di "KRL Commuter Hanya Sediakan 5 Jalur"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali