Submit Blog ke Search Engine

Selasa, 17 Mei 2011

Submit Blog ke Search Engine


Jika anda mempunyai sebuah website maupun blog, men-submit ke berbagai mesin pencari tampaknya menjadi hal yang krusial dan sangat penting. Benar bukan? Kenapa demikian? fikirKarena ukuran kesuksesan sebuah website maupun blog dinilai dari traffic dan juga pengunjung yang mengunjungi website maupun blog anda terutama dari mesin pencari. Nah, salah satu cara untuk mendapatkan traffic tersebut adalah dengan men-submit URL website maupun blog anda ke berbagai mesin pencari agar lebih cepat terindex oleh mesin pencari.

Mungkin sekarang anda berpikir, mesin pencari di internet kan jumlahnya banyak? Apakah harus ke semua mesin pencari tersebut kita men-submit URL kita? Kalau bisa sih iya...hehehe.. sengihnampakgigi tapi saya yakin anda pasti tidak mau untuk melakukannya karena cuma buang waktu saja, lebih baik kita berpikir logis. Sekarang anda pikirkan, kira - kira diantara mesin pencari tersebut mana yang paling sering digunakan oleh para websurfer untuk melakukan pencarian? Wah kalau sudah ada kata kunci seperti itu pasti anda langsung klik dan tahu jawabannya. menari


Yup, untuk mesin pencari terpopular tampaknya masih dipegang oleh Google, setelah itu Yahoo! dan yang terakhir Live Search (MSN). Namun dari ketiga mesin pencari ini hampir 80% pengguna internet jika melakukan pencarian pasti menggunakan Google. Kenapa Google bisa lebih popular? Karena Google bisa sangat spesifik, cepat, akurat dan detail sekali dalam melakukan suatu pencarian. Bukannya saya memandang remeh dan enteng untuk search engine yang lain. Namun Google memang memiliki suatu kelebihan daripada search engine yang lain jika kita menambahkan kata atau kode tertentu. Suatu hal yang sangat luar biasa menurut saya. Contohnya bisa disimak pada postingan kawan saya ini. Untuk URL postingannya bisa diklik Eos Blog.

Nah, jika menginginkan traffic dan jumlah pengunjung yang tinggi pada website maupun blog anda, sekarang anda sudah tahu betapa pentingnya kita men-submit URL website maupun blog yang kita miliki terutama di Google. Saya disini hanya akan membahas 3 search engine terpenting ini saja, untuk yang ingin menambahkan bisa diusulkan lewat kotak komentar dan nanti akan saya review dan tampilkan di postingan ini. Terima kasih. Sekarang kita mulai saja bahasannya, untuk men-submit URL di Google, anda harus mengaktifkan terlebih dahulu Google Webmasters Toolsanda jika belum pernah menggunakan fitur ini. Jika fitur ini sudah aktif anda bisa menambahkan URL dari website maupun blog yang anda punya. Dan anda juga harus mem-verifikasi URL yang anda submit. Bisa dengan menambahkan meta tags yang diberikan Google dan taruh dibawah tag pembuka <head>. Jika perlu tambahkan sitemap pada fitur Google ini dengan memilih fitur sitemap, setelah itu pilih opsi add general sitemap. Lalu tambahkan kode ini: "atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100" (tanpa tanda petik). Setelah itu tinggal tambahkan dan tunggu dari pihak Google untuk statusnya sehingga nantinya website maupun blog yang anda miliki bisa muncul dan terindex pada mesin pencari Google. Sambil anda menunggu, mungkin ada baiknya sebelum terindex di Google kita juga mencari dan membangun backlinks sehingga nantinya bisa lebih cepat terindex oleh Google. Untuk munculnya website maupun blog anda, Google membutuhkan waktu maksimum kira - kira 8 jam, itupun jika kita sudah men-submit di Digg. Sedangkan terindexnya kurang lebih membutuhkan waktu kira - kira 10-12 hari. Jika status website atau blog anda di Google Webmasters sudah terverifikasi bahkan bisa lebih cepat muncul di Google Search Engine jika kita submit URL di Digg, hanya membutuhkan waktu 3 jam. Wow!!! 
google webmasters tools features
Selain itu saya sarankan kepada anda untuk mencoba terlebihi dahulu semua fitur di Google Webmasters Tools, karena fitur yang dibuat pada Google Webmasters Tools semuanya dibuat untuk optimasi pada website maupun blog yang anda miliki.

Untuk submit URL di Yahoo! secara free, anda bisa submit link di Yahoo!. Caranya bisa men-submit dengan URL atau dengan Feed URL. Selain itu membutuhkan tambahan authentification, berupa kode meta tags dan sebagainya untuk verifikasi dan authentification yang nantinya dipasang pada template website maupun blog yang anda miliki.serta sabar menunggu review dari webmasters yang bersangkutan agar bisa terverfikasi dan bisa muncul pada Yahoo! Search Engine.

yahoo submission
Yang terakhir adalah Live Search dari MSN, bisa submit dilink Live Search MSN. Men-submit pada search engine ini sangat mudah sekali, tinggal masukkan URL website atau blog setelah itu masukkan kode verifikasinya dan selesai.
live search msn submit
Mungkin bahasan yang saya posting ini masih terdapat kekurangan ataupun kekeliruan, sembah bagi kawan - kawan yang ingin menambahkan saya persilahkan untuk menambahkannya pada kotak komentar. Nanti pasti akan saya pertimbangkan dan tambahkan pada postingan ini. Terima kasih sudah menyimak, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kawan - kawan sekalian. Happy Blogging!!! peace

0 Komentar di "Submit Blog ke Search Engine"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali