Perpustakaan Baru UI Telah Diresmikan

Rabu, 18 Mei 2011

Perpustakaan Baru UI Telah Diresmikan


Setelah ditunggu-tunggu beberapa tahun selesai pembangunannya, Perpustakaan Baru UI akhirnya pada Jumat,13 Mei 2011 pukul 10.00 WIB layanan perpustakaan dibuka dan telah diresmikan.


Perpustakaan Baru UI yang letaknya sangat strategis berdekatan dengan Gedung Rektorat UI, Gedung Balai Sidang dan Balairung UI mudah untuk disinggahi. Berlatarkan danau UI dengan pepohonan dan tempat duduk yang asri menjadi ciri khas sebuah view yang begitu mempesona. Pemandangan yang kontras dengan slogan ‘Go Green’ nya UI. Perpustakaan Baru UI (diklaim) sebagai perpustakaan terbesar se-Asia kini dapat kita nikmati daya tariknya.
130570732328616269
8 Lantai
Tak dapat dipungkiri, Perpustakaan Baru UI begitu megah terdiri dari 8 lantai antara lain:
Lantai 1: Fasilitas Umum (General Facility) terdiri dari ;
a. Ruang Administrasi Perpustakaan (Library Adminstration Room)
b. Pengelola Gedung (Building Control Room)
c. Ruang Komputer (Computer Room)
d. BNI
e. Kantin (Cafetaria)
f. Toko Buku (Book Store)
g. Cinema
h. Pusat Kebugaran (Fitness Center)
i. Studio Musik (Music Studio)
j. Studio Radio/Televisi (Television/Radio Studio)
Lantai 2: Perpustaaan (Library)
Lantai 3: Perpustaaan (Library)
Lantai 4: Perpustaaan (Library)
Lantai 5: Ruang Sidang (Conference Room)
Lantai 6: Ruang Balai Sidang (Auditorium)
Lantai 7: Computer Laboratory
Lantai 8: Computer Laboratory
13057073941433974949
Selamat Datang di Perpustakaan Universitas Indonesia
Saat masuk ke Perpustakaan Baru UI kita disambut oleh layar lebar LCD berbunyi ‘Selamat Datang di Perpustakaan Universitas Indonesia’, dilayar tersebut akan ditampilkan berbagai macam koleksi buku-buku dan spot-spot yang berada di area perpustakaan. Memandang ke atas, kita bisa melihat di tembok bagian penghubung antar ruangan tertera berbagai macam tulisan istilah Perpustakaan dari berbagai bahasa seperti istilah perpustakaan dalam bahasa Indonesia, Jepang, Korea, Rusia, Cina, Arab, Latin, Prancis, Jerman dan sebagainya. Untuk memudahkan pembayaran juga terdapatBNI.
13057075421535487822
Pintu masuk area perpustakaan
Ruang komputer dengan banyak komputer langsung menghiasi pandangan kita. Spot ruang duduk santai pun begitu banyak. Ketika masuk ke area perpustakaan koleksi buku, 6 alat sensor buku pun terpasang dan jikalau ada yang ingin ditanyakan, peminjaman dan pengembalian buku jangan sungkan-sungkan bertanya kepada resepsionis. Untuk menuju ke ruang atas, Perpustakaan Baru UI memiliki lift, tangga darurat dan tangga jalan khusus yang menghubungkan antar lantai ke tempat-tempat koleksi buku.
13057076301096285318
3 lantai koleksi buku perpustakaan
Area perpustakaan terdiri dari 3 lantai antara lain:
Lantai 2: Koleksi Umum (Buku Teks, Buku Teori, Novel dan lain-lain)
Lantai 3: Koleksi UI-ana (Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian dan lain-lain)
Lantai 4: Koleksi Rujukan (Kamus, Ensiklopedi, Direktori dan lain-lain)
Setiap lantai perpustakaan dilengkapi ruang belajar, ruang diskusi dan komputer berbasis Apple untuk mencari sumber-sumber buku dan otomatis sudah terkoneksi internet.
13057077121821634875
Tulisan larangan
Peraturan di area perpustakaan terpampang di setiap pintu masuk koleksi-koleksi buku bertuliskan‘Dilarang Merokok di Area ini’, ‘Jagalah Kebersihan di Area ini’ dan ‘Alas Kaki Harap Dilepas’. Larangan merokok juga tertulis di setiap pintu keluar masuk Perpustakaan UI. Kawasan terbuka berupa taman dan tempat duduk beriringan dengan rumput-rumput nan hijau, pemandangan langsung ke danau dan Gedung Rektorat menambah suasana nyaman. Di taman ini berkumpul mahasiswa-mahasiswa dengan laptop asyik berdiskusi atau sekadar mengobrol bersama teman-teman. Ada juga semacam dermaga yang langsung berhadapan dengan danau.
1305707809690081296
Area terbuka
Jika ditilik lebih lanjut, Perpustakaan Baru UI memiliki karakteristik khas seperti tangga khusus yang menghubungkan ruang koleksi perpustakaan tidak dibuat step by step tetapi berbentuk spiral melingkar yang dapat dilewati dengan kursi roda. Segala macam ruangan yang ada hingga ke lantai 8 sangat didayagunakan atau dapat dikatakan lengkap. Perpustakaan Baru UI ini yang memang identik dengan buku-buku dipadankan dengan ruang fitnes, studio musik/televisi dan cinema sehingga keseriusan dalam belajar akan refresh sejenak oleh ketiga ruangan itu. Cuci mata dengan angin sepoi-sepoi, langit biru, danau dipadu pemandangan pohon-pohon hijau UI dapat membangkitkan inspirasi.
130570788341154147
Depan pintu masuk perpustakaan
Layanan Perpustakaan Baru UI tidak hanya ditujukan kepada sivitas akademia UI saja melainkan mahasiswa-mahasiswa atau dosen-dosen dari berbagai universitas lain bisa berkunjung masuk. Untuk mahasiswa UI dan mahasiswa dari universitas lain sebelum masuk ke perpustakaan harus menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) kepada satpam yang berjaga di depan pintu masuk perpustakaan.
Nb:
> Sekarang ini layanan Perpustakaan Baru UI hanya untuk pengembalian buku-buku sementara peminjaman buku akan dibuka Agustus 2011 karena buku-buku dari beberapa fakultas UI belum dipindahkan seluruhnya.

> Ruangan yang baru dibuka adalah ruang baca, ruang diskusi, ruang komputer (saat penulis ke sana belum dibuka), kubikus

> Pengunjung umum yang bukan mahasiswa atau dosen dari universitas tidak diperbolehkan masuk. Kalaupun boleh masuk akan dikenai bayaran tapi hal ini belum dikonfirmasikan dapat berjalan atau tidak.

berbagai sumber

0 Komentar di "Perpustakaan Baru UI Telah Diresmikan"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali