Menambah Kolom di Footer

Minggu, 01 Mei 2011

Menambah Kolom di Footer

kesempatan kali ini mau sedikit mengulas tentang blog design. Pernah mengunjungi blog yang menggunakan wordpress? saya yakin jawabannya pernah bahkan sering. Kalau jawabanya seperti itu, tentunya sering juga dong memperhatikan layout atau desain dari templatenya.
Nah jika saya sendiri sering memperhatikan bahwa template wordpress dibagian footer nya sering kali dibuat menjadi multi kolom, ada yang dibuat jadi dua kolom, tiga kolom, dan ada juga yang sampai empat kolom. Mungkin bagi yang sedikit kritis akan muncul pikiran atau bahkan pertanyaan "apakah bisa template blogger bagian footer nya dibuat menjadi multi kolom?" Saya tegaskan jawabanya adalah "bisa". mau tau caranya? ya udah baca sampai tuntas ya.


Untuk membuat bagian footer menjadi multi kolom tidaklah sulit seperti yang sobat bayangkan (so pinter niye), hanya sedikt trik yang perlu dilakukan maka nanti akan tercipta footer blog yang multi kolom. Agar lebih untuk mempermudah pemahaman tentang trik ini, saya sarankan sobat untuk mempraktekannya secara langsung, caranya buatlah satu buah blog untuk percobaan (jangan pada blog utama), ini untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan terhadap blog sobat.

Persiapan pertama yang harus di perhitungkan adalah berapa lebar kolom keseluruhan yang mau kita pecah menjadi multi kolom. selanjutnya yaitu berapa kolom yang mau di buat? kemudian berapa jarak antara kolom yang satu dengan kolom yang lainnya? Jika kita melihat terhadap banyaknya template, tentu saja tidak akan menemui titik temu atau kata yang sama dalam hal persiapan hal di atas tadi, nah agar semuanya menjadi seragam maka saya akan mengambil contoh dengan menggunakan template minima yaitu template asli yang di sediakan oleh blogger.com dengan pilihan warna putih. Banyaknya kolom yang akan kita buat adalah sebanyak tiga kolom.

Setelah saya perhatikan, template minima asli mempunyai lebar kolom sebesar 660px atau 660 pixel, karena kolom yang akan kita buat sebanyak tiga kolom, maka secara perhitungan matematika adalah seperti ini --> 660px : 3 = 220px. akan tetapi apabila memakai angka tersebut maka tulisan yang tersimpan antara kolom yang satu dengan yang lainnya akan bertabrakan sehingga menjadi tidak sedap untuk di pandang mata. Untuk mengatasi masalah ini maka perlu menambahkan jarak sela antar kolom, kode pembuat jarak sela adalahpadding, misalkan ambil contoh besar padding yang akan saya gunakan adalah sebesar 10 pixel. hasil dari perhitungan yang kita pakai adalah kolom yang akan di buat adalah sebesar 205px (205 pixel). Agar sedikit tampak lebih cantik, akan saya tambahkan pula kode UL LI sehingga sebuah link yang akan tercipta melalui kode ini akan berubah warna background yang cantik, nanti lihat contohnya dech...

Eh... sudah buat belum blog minima nya? buat donk agar lebih mudah untuk di pahami... atau sudah siapp.... bener sudah siap?... kita mulaiiiiii...


Langkah #1 :


  • Hal pertama yang harus di ingat adalah jangan mencentang kotak kecil di samping tulisan expand widget template karena jika sobat mencontengnya maka akan keluar kode widget yang bikin pusing kepala, jadi sekali lagi Jangan mencontengnya.




  • Tambahkan kode berikut persis di atas kode ]]></b:skin> :



  • /* bottom 
    ---------------------------- */

    #bottom {
    width: 660px;
    position: relative;
    clear:both;
    margin: 0 auto;
    color:#fff;
    float: left;
    background:#BDBABD;
    padding: 15px 0 15px 0;
    }
    #bottom h2 {
    padding: 5px 0 2px 0;
    margin: 0 0 10px 0;
    color:#ff5a00;
    font-size: 24px;
    letter-spacing: -1px;
    border-bottom: 1px solid #fff;
    }
    #bottom ul {
    padding: 0;
    margin: 0;
    }
    #bottom ul li {
    line-height: 26px;
    list-style-type: none;
    border-bottom: 1px dashed #031c5d;
    }
    #bottom ul li a {
    display: block;
    padding: 0 10px;
    color:#0701FD;
    text-decoration: none;
    }
    #bottom ul li a:hover {
    background: #B1ACB1;
    }
    #left-bottom { /* yang ini nih kode kolom kiri */
    width: 205px;
    float: left;
    padding-left:10px;
    }
    #center-bottom { /* kalo yg ini kode kolom tengah */
    width: 205px;
    float: left;
    padding-left:10px;
    }
    #right-bottom { /* kalo yg ini kode kolom kanan */
    width: 205px;
    float: left;
    padding: 0 5px 0 10px;
    }




  • Tuju bagian body yaitu pada bagian bawah kode template, dan cari kode yang mirip seperti ini :



  • <div id='footer-wrapper'>
    <b:section class='footer' id='footer'/>
    </div> 



  • Copy paste kode berikut persis di atas kode yang atas tadi :



  • <div id='bottom'>
    <b:section class='bottom' id='left-bottom'/>
    <b:section class='bottom' id='center-bottom'/>
    <b:section class='bottom' id='right-bottom'/>
    </div>




  • Jangan lupa akhiri dengan mengklik tombol Simpan Template.




  • Selesai.




  • Langkah #2 :


  • Klik menu Elemen Halaman.




  • Lihat apakah kolom yang tadi dibuat sudah tampak atau belum? jika sudah, klik link Tambah sebuah Elemen Halaman, klik tombol widget apa saja untuk mencobanya 


  • Jangan lupa untuk klik tombol SIMPAN

    Silahkan lihat hasilnya apakah sudah sukses atau belum? jika belum sukses coba lihat lagi lanhkah-langkah di atas, barangkali ada yang terlewatkan. Jika sudah sukses, ucapkan terima kasih.hehe..

    sumber: kolom-tutorial.blogspot.com

    2 Komentar untuk "Menambah Kolom di Footer"

    1. mantapppp,,,,makasih bang...blog ane dah nambah kolomnya...

      BalasHapus
    2. senang bisa berguna bos :)

      BalasHapus

    Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali