Usaha Barcelona Memberantas Perokok

Senin, 04 April 2011

Usaha Barcelona Memberantas Perokok


https://lh6.googleusercontent.com/_ldOHWQpICrY/TZLMRQ3KUBI/AAAAAAAAAyI/pmOmGFsPy8k/1.jpg
Hanya segelintir stadion di Eropa yang menerapkan kebijakan antirokok. Selain stadion di Inggris, hal yang sama bakal diterapkan di Nou Camp, kandang Barcelona.


Warga Spanyol dikenal suka merokok. Ketika Undang-Undang Antirokok diterapkan di negeri itu pada 1 Januari 2006, banyak warga yang berontak. Kementerian Kesehatan Spanyol menerima pertanyaan dari warga yang ingin tahu tempat tempat mana saja yang masih boleh untuk merokok. Pada 2 Januari 2011 Spanyol memperbarui atau lebih tepatnya mempertegas aturan. Sebab, lima tahun penerapan undang-undang lama, warga Spanyol yang merokok masih lebih dari 30 persen, paling tinggi daripada negara Eropa lain.
https://lh4.googleusercontent.com/_ldOHWQpICrY/TZLMRBT9C3I/AAAAAAAAAyE/j-iDNxxnM0s/Barcelona%2Bv%2BShakhtar%2BDonetsk%2BUEFA%2BSuper%2BCup%2B-QMldMLKx60l.jpg
Setiap tahun, lima ribu warga di ketahui meninggal akibat barang bernikotin itu. Dalam undang-undang baru, orang Spanyol tidak bisa lagi merokok di tempat-tempat umum yang tertutup (indoor). Merokok hanya boleh dilakukan di tempat-tempat umum yang terbuka, seperti arena matador atau stadion sepak bola. Nah, Nou Camp mungkin akan menjadi stadion
https://lh5.googleusercontent.com/_ldOHWQpICrY/TZLMRXM9DrI/AAAAAAAAAyM/PwfOrtaKKqA/s512/2.jpg
Nantinya Mereka Tidak Bisa Merokok
pertama yang menerapkan aturan larangan merokok. Barcelona kini menyusun proposal Nou Camp bebas Rokok. Proposal itu melarang penonton merokok saat menyaksikan pertandingan di stadion terbesar di Spanyol tersebut. Selama ini larangan merokok di Nou Camp hanya berlaku sampai lorong pintu masuk menuju tribun stadion.

Di area lain, penonton bebas merokok. ”Itu bentuk konsistensi dari nilainilai Barca. Bukan hanya tentang mencegah orang merokok, melainkan bagaimana menjalankan pola hidup sehat,” ungkap Jordi Mones, direktur urusan medis Barca, di situs resmi klub. ”Kami yakin, kebijakan itu tidak akan memengaruhi animo penonton karena mereka datang ke stadion untuk melihat aksi pemain di lapangan dan bukan untuk menghabiskan sebungkus rokok mereka,” tambah dia. Mones menyatakan, proposal itu diajukan dalam rapat umum Barca pada akhir musim nanti. Rapat umum tersebut diikuti socios, sebutan untuk para pemilik saham di klub Catalan tersebut.
”Apabila para socios menyetujuinya, aturan itu diterapkan mulai musim depan,” kata Presiden Barca Sandro Rosell sebagaimana dilansir Marca. ”Barca akan sangat bangga apa bila aturan itu bisa diterapkan musim depan karena kami telah mem bantu Pemerintah Spanyol dalam menjalankan undang-undang mereka,” tambah pria yang menduduki kursi orang nomor satu Barca per 1 Juli 2010 itu. Selain di Inggris, aturan larangan merokok diterapkan di Amsterdam ArenA yang menjadi kandang Ajax Amsterdam dan BayArena, markas Bayer Leverkusen. (JPNN)

0 Komentar di "Usaha Barcelona Memberantas Perokok"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali