Teknik Elektro Trisakti di Mataku

Selasa, 19 April 2011

Teknik Elektro Trisakti di Mataku

Teknik elektro atau bahasa inggrisnya Electrical Enginering merupakan bidang teknik yang umumnya berhubungan dengan studi dan penerapan listrik, elektronik, dan elektromagnetik. Sekarang ilmunya mencakup berbagai subtopik termasuk tenaga, elektronika, sistem kontrol, pengolahan sinyal, dan telekomunikasi.

Teknik elektro pun memiliki cakupan yang luas dalam penerapan ilmunya. Ilmu Teknik Elektro bisa merambah ke segala bidang. Tentu ilmu Elektro  bisa dikatakan sangat luas.


Itu mungkin sedikit pengenalan tentang Teknik Elektro. Sekarang saya akan membahas Teknik Elektro Trisakti di Mataku.

Ini merupakan curahanku yang ketiga, setelah sebelumnya saya menulis "Balada Mahasiswa Baru" dan juga "Universitas Trisakti di Mataku". Memasuki 8 bulan mungkin masih waktu yang masih singkat, namun seperti yang sudah bahas di artikel sebelumnya, hal ini bertujuan sebagai bukti nyata perkembangan pikiranku ketika di masa datang aku membacanya lagi.

Teknik Elektro Trisakti dulunya pada tahun 70an sampai  90an merupakan nomor 3 setelah Teknik Elektro ITB dan UGM. Seiring masuk era reformasi dan berubahnya tren dari teknik ke Hukum atau Ekonomi membuat Teknik Elektro Trisakti pelan-pelan meredup.

Namun, pada tahun 2004 Teknik Elektro Trisakti memberi kejutan dengan peresmian PLTMH (mikrohidro) di Cimanggu, Sukabumi. Teknik Elektro Trisakti merupakan satu-satunya yang membuat ini dalam lingkup PTS.

Bagaimana Elektro Trisakti?
Teknik Elektro Trisakti merupakan salah satu jurusan yang masih menganut kesenioritasan yang sudah aku bahas secara singkat di artikel sebelumnya. Aku tidak tahu apakah senioritas itu berlaku selamanya atau hanya di awal saja.

Kehidupan disini merupakan pematah kata-kata orang yang mengatakan dunia kuliah adalah dunia yang penuh dengan individualistis. Karena disini, setiap mahasiswa mempunyai kesadaran untuk bersosialisai ke sesamanya. Setiap angkatan tidak memiliki gap, apalagi dengan sesama angkatan. Berbeda dengan jurusan atau universitas lain, yang mungkin satu angkatanpun tak saling kenal. Semua ini bisa jadi hasil didikan saat si mahasiswa masih berstatus baru.

Kita bisa saja kalah dengan PTN-PTN dalam hal ilmu, tapi soal kekompakan dan nama almamater kita jauh lebih kuat. -Quote Senior-
Di elektro Trisakti kita tidak hanya dituntut untuk rajin belajar, tapi selalu update informasi di sekitar lingkungan. Ditambah dengan kedekatan sesama angkatan dan tidak adanya gap, membuat komunikasi antar angkatan sangat lancar, terutama alumni. Sehingga transfer ilmu yang bersifat softskill berjalan lancar. Ini sangat berguna karena pengalaman yang di dapat alumni sangat berguna untuk mengupdate pemikiran dan informasi kita.

Penanaman jiwa kepemimpinan serta jiwa sosialisasi benar-benar diterapkan di Elektro Trisakti. Hal ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dalam hal memimpin. Kita di latih bertanggung jawab, tidak No Action Talk Only. Semua ini tentu tidak ada dalam mata kuliah yang diberikan kampus, namun di dapat dari berbagai pengalaman para senior.

Dibandingkan dengan Teknik Elektro universitas lain, diakui mereka memang memiliki fasilitas yang luar biasa. Tapi mahasiswanya bersifat masa bodoh. Hal ini membutikan dengan fasilitas yang lengkap tidak menjamin mahasiswanya menghasilkan sesuatu. Ditambah dari kekeluargaan mereka ada gap antar angkatan, yang malah di dalam angkatan itu pun terbagi-bagi lagi kubunya.

Sementara Atmajaya, Untar, dll. Kasarnya sudah "sampah", fasilitas terbatas, ada gap, dan tidak punya karya apa-apa. Bisa dibayangkan SDM yang bagaimana yang dihasilkan. Kecuali Unikom Bandung, si kecil ini mempunyai peran yang besar dalam perkembangan robotik Indonesia.

Softskill itu sesuatu yang amat sangat penting. Softskill  meliputi kemampuan beroganisasi, bersosialisasi, serta persiapan di dunia kerja itulah yang membuat biaya kuliah disini mahal. Karena kita disini dituntut untuk itu, tidak hanya sekedar kuliah pulang. -Fredy, Ketua Himpunan Elektro 2010/2011- 


Ya, dalam satu hal pasti ada positif negatifnya. Yang saya dapat dari hasil sharing dengan teman-teman jurusan satu universitas ataupun universitas lain, di Elektro Trisakti sangat banyak ilmu yang tidak bisa kamu dapatkan bila kamu masuk ke universitas lain ataupun jurusan lain di Universitas Trisakti. Disini tidak hanya untuk mendapatkan hardskill,berupa ilmu pelajaran tapi juga softskill yang sangat menunjang kita dalam bersosialisasi, berorganisasi, serta untuk di dunia kerja nanti. Disini juga menjadikan tidak sebagai mahasiswa yang individual, tapi menjadi mahasiswa yang tergabung dalam masyarakat bernama Masyarakat Elektro Trisakti.

1 Komentar untuk "Teknik Elektro Trisakti di Mataku"

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali