Tips Menulis Essay

Minggu, 06 Maret 2011

Tips Menulis Essay







Menulis essay adalah suatu yang mudah-mudah gampang. Menulis itu seperti menumpahkan pendapat atau opini kita ke dalam bentuk tulisan. Karena menulis suatu hal yang mudah-mudah gampang, ya susah-susah gampang tepatnya, aku bakal ngasih beberapa tips yang aku ambil dari twitter. Silahkan dipahami..

1. Essay argumentatif yang baik haruslah tulisan yang jelas dan dapat menjelaskan sebuah pernyataan.

2. Sebelum menulis essay, ada baiknya melakukan "narrowing down", artinya membuat limit/batasan dalam topik yang akan dijelaskan.

3. Misalnya mau nulis essay tentang studi di Singapura. Apa yang akan anda jelaskan dengan topik itu? Untung atau buruknya?

4. Setelah tau apa yang ingin dijelaskan dari master topiknya, baru kita buat thesis statement atau pernyataan/opini kita dalam essay tersebut.

5. Lalu, mulai tulis paragraf pertama. Standar paragraf pembuka adalah memberi contoh/gambaran yang menjurus pada statement kita.

6. paragraf pembuka tidak boleh terlalu bertele-tele dan tak terlalu banyak contoh. Plus, harus ada kalimat yang menghubungkan pernyataan dengan gambaran

7. Kalau paragraf pembuka sudah bisa ditaklukkan, maka untuk paragraf isi dan konklusi akan gampang.

Kemampuan menulis seperti pedang, semakin diasah semakin tajam. Jika dittambah dengan senang membaca, maka tulisan kita pun jadi semakin bervariasi. Tips ini berasal dari @TheExodust


Mirip gak ??

2 Komentar untuk "Tips Menulis Essay"

  1. So? nunggu apa lagi, setelah baca tips menulis esai di atas. bagi kamu mahasiswa S1/D3 ayo ikutan Call For Essay 2012 @callforessay. total hadiah 6juta rupiah.
    info leih lanjut: callforessay.blogspot.com

    BalasHapus

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali