Tips Beasiswa

Jumat, 25 Maret 2011

Tips Beasiswa


Keinginan untuk memperdalam pengetahuan dan memperluas wawasan mampu menggerakkan seseorang untuk melangkah hingga melampaui batas jarak dan waktu.  Karena itulah, menuntut ilmu di luar negeri menjadi kian populer di kalangan pencari ilmu Indonesia.  Diantara beberapa hambatan bagi para pencari ilmu di luar negeri ini adalah biaya.  Pengalaman pribadi saya yang untuk kuliah S1 saja harus banting tulang bermandikan peluh membuktikannya.  Untunglah, dewasa ini program beasiswa semakin banyak memberikan peluang bagi mereka yang ingin menuntut ilmu di luar negeri tapi memiliki keterbatasan dana.

13009749321369059914
cambodia.usembassy.gov

Ada 3 program beasiswa yang paling populer karena bisa diikuti baik oleh mereka yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil ataupun swasta.  Bukan rahasia memang, kebanyakan beasiswa ditujukan bagi mereka yang sudah berprofesi PNS.  Ketiga beasiswa populer itu adalah Fulbright (Kerja sama pemerintah Amerika dan Indonesia), ADS (Australian Development Scholarship), dan Erasmus Mundus (dari Eropa).  Tentu masih banyak peluang beasiswa lainnya, tapi pengalaman pribadi saya sebagai seorang yang baru lulus kuliah dan bekerja hanya selama 2 tahun sebagai tenaga honorer telah mengenalkan saya pada ketiga beasiswa ini.

Kali ini, karena saya hanya berhasil meraih beasiswa Fulbright program master’s degree, saya akan berbagi informasi dan pengalaman pribadi saya saat melamar beasiswa ini.  Semoga bermanfaat bagi pembaca yang berniat untuk melamar juga.  Mungkin informasi ini sedikit telat, tapi masih ada waktu bagi mereka yang belum tahu informasi ini.  Berikut tenggat waktu/deadline untuk mengirimkan lamaran untuk master’s degree.
MASTER’S DEGREE PROGRAM
  1. Fulbright Master’s Degree Program: April 15, 2011

  2. Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program: April 15, 2011

  3. Fulbright Freeport Master’s Degree and PhD Program: April 15, 2011
Lamaran biasanya harus dikirim paling lambat 15 April cap pos.  Bagi yang baru mengetahui peluang ini, masih ada waktu sekitar 3 minggu untuk mempersiapkan.  Informasi lebih lanjut mengenai dokumen apa saja yang harus dipersiapkan, silahkan dilihat di http://www.aminef.or.id/fulbright.php?site=fulbright&m=ip-programs. Situs ini lengkap menyediakan semua informasi lamaran beasiswa ini.
Dokumen persyaratan melamar beasiswa Fulbright terbilang tidak seribet persyaratan untuk lamaran beasiswa lain yang mengharuskan fotokopi ktp, ijazah dan lainnya yang sudah diterjemahkan.  Pelamar hanya harus menyertakan:
  1. Form lamaran yang sudah disediakan di situs, tinggal didowload dan diisi dengan cermat.

  2. Surat rekomendasi/referensi dari satu orang (biasanya dosen yang dulu membimbing skripsi kita atau atasan kerja), lebih baik pilihan pertama.

  3. Bukti Test TOEFL boleh yang ITP (Institutional) ataupun yang internasional (PBT atau iBT), yang diselenggarakan di bebeberapa lembaga bahasa formal. Untuk Bandung bisa mengikuti ITP di Balai Bahasa UPI atau di Lembaga Bahasa ITB. Untuk Jakarta, bisa mengikutinya di AMINEF (the American Indonesian Exchange  Foundation) langsung, yang merupakan lembaga yang nantinya akan menerima lamaran Anda, memprosesnya, sampai membantu Anda untuk kuliah di Amerika.  Skor TOEFL minimal harus 550.
Tips untuk mengisi form lamaran:
  • Ada satu kolom isian yang menanyakan mengenai Study Objective Anda, pastikan untuk mengisi dengan jelas tujuan kuliah Anda, yang sesuai dengan latar belakang akademis Anda dan juga akan sangat bermanfaat nanti saat Anda pulang kembali ke Indonesia dan berkarir di sini.  Intinya, pendidikan yang nanti Anda tempuh di USA akan sangat membantu karir Anda dan memungkinkan Anda untuk memberikan kontribusi pada lingkungan Anda.  Study Objective ini biasanya satu lembar saja ditulis tanpa spasi.

  • Untuk kolom isian lainnya yang tak kalah penting adalah mengenai pengalaman bekerja dan berorganisasi.  Usahakan Anda bisa menunjukkan bahwa Anda pernah terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial terutama yang sifatnya sukarela, karena itu akan menjadi bahan pertimbangan yang penting.

  • Untuk surat referensi, setelah mengunduh formnya dari website yang saya tunjukkan di atas, hubungi mantan pembimbing skrispi Anda dan mintai referensinya.  Usahakan beliau tidak terlalu sibuk dan terkenal tepat waktu serta tepat janji.

Jika semua sudah siap, Anda tinggal mengirimkan semua berkas yang sudah diisi ke kantor AMINEF dengan alamat yang tertera di website pula. Usahakan Anda mengirim dengan menggunakan jasa pengiriman yang memungkinkan Anda untuk mendapat laporan penerimaan barang (biasanya kilat khusus).  Setelah lamaran dikirim, jangan lupa cek email karena pengumuman lulus tidaknya untuk wawancara selalu melalui email terlebih dulu.

1 Komentar untuk "Tips Beasiswa"

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali