Teknik Elektro dan Bagaimana Arus Mengalir

Rabu, 09 Maret 2011

Teknik Elektro dan Bagaimana Arus Mengalir

Berdasarkan Wikipedia, Teknik Elektro adalah bidang teknik yang umumnya berhubungan dengan studi dan penerapan listrik, elektronik, dan elektromagnetik. Teknik elektro dianggap bisa untuk menangani masalah yang terkait dengan sistem listrik skala besar seperti transmisi dan kontrol motor. Sedangkan teknik elektronik berhubungan dengan studi sistem elektronik skala kecil termasuk komputer dan sirkuit terpadu.
Insinyur listrik biasanya bersangkutan dengan menggunakan listrik untuk mengirimkan energy, sedangkan insinyur elektronik menggunakan listrik untuk memproses informasi.


Teknik Elektro adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat-sifat elektron atau sifat-sifat kelistrikan yang kemudian diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Berasal dari bahasa Inggris electrical engineering, yang bisa diartikan dengan teknik listrik.Dahulu, Ilmu teknik elektro dibagi atas 2 jenis yaitu:
  • Arus kuat, yang mempelajari listrik tegangan tinggi,
  • Arus lemah, yang mempelajari listrik tegangan rendah.
Selain itu, ilmu teknik elektro dapat dibagi menjadi:
  • Teknik elektrik, terutama mengenai sifat-sifat listrik dan pemanfaatan listrik dalam berbagai bidang.
  • Teknik elektronika, terutama mengenai sifat-sifat elektron dan pemanfaatannya dalam berbagai bidang.
Sejalan dengan perkembangan teknologi, khususnya pada bagian arus lemah, maka saat ini dibagi menjadi enam konsentrasi, yaitu:
  • Teknik Tenaga Listrik (electric power engineering), yang dulunya merupakan konsentrasi arus kuat
  • Teknik Elektronika (electronics engineering)
  • Teknik Telekomunikasi (telecommunication engineering)
  • Teknik Kendali atau Teknik Pengaturan (control engineering)
  • Teknik Komputer (computer engineering)
  • Teknik Biomedika (biomedics engineering) merupakan bidang multidisiplin yang melibatkan berbagai keahlian teknik, ilmu pengetahuan dan metoda teknologi untuk memecahkan masalah dalam biologi dan kedokteran, untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Bagaimana arus mengalir ?
Arus berarti banyaknya suatu materi yang mengalir dalam suatu jalur atau penghantar per satuan waktu. Satuan waktu yang biasa digunakan adalah sekon. Oleh karena itu, arus listrik berarti banyaknya electron yang mengalir dalam suatu penghantar (konduktor) per satuan waktu. Banyaknya electron diatas dapat disebut sebagai muatan dari electron itu sendiri.
Jika diandaikan sebagai air yang mengalir dalam selang, molekul air adalah electron dan pembuka keran sebagai sumber daya, maka molekul air tersebut akan mengalir ketika adanya pendorong atau sumber daya yang membuat air tersebut dapat mengalir. Begitu juga dengan electron, electron tersebut dapat mengalir ketika adanya sumber arus yang dapat mendorong electron tersebut sehingga bisa mengalir.

Beda Electrical dan Electronic
1.  Electronic berasal dari penerapan electrical
·        2. Electrical tegangan diatas 230 volt, sedang Electronic dibawah 230 volt
·        3. Electronic biasanya bermain di 8-12 V sedang Electrical berada di tegangan tinggi


Elektronik biasanya merupakan sirkuit yang dialiri oleh arus listrik yang biasanya dikonversi sesuai dengan kebutuhan dari sirkuit itu untuk menyala. Sementara electrical merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh elektronik sehingga elektronik mampu beroperasi. 

0 Komentar di "Teknik Elektro dan Bagaimana Arus Mengalir"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali