Nurdin Halid yang Membanggakan

Kamis, 24 Maret 2011

Nurdin Halid yang Membanggakan


Dalam peta persepakbolaan dunia, Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki penggemar sepakbola terbanyak di dunia. Jumlah pemain sepakbola di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia.
Memang kalau dihitung secara jumlah penduduk, Indonesia cuma terhitung sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar no. 4, setelah Cina, India dan Amerika Serikat.

Tapi masalahnya, di ketiga negara yang jumlah penduduknya lebih banyak dibanding Indonesia itu, sepakbola bukan merupakan olahraga yang sangat penting, yang digemari oleh mayoritas rakyatnya.

Di Cina olah raga perseorangan dan basket lebih menarik perhatian warganya daripada sepakbola. Di India warganya lebih antusias dengan kriket. Sementara di Amerika, secara berturut-turut, Basket, Amerikan Football yang bolanya lonjong dan Base ball lebih menarik perhatian warganya daripada Sepakbola.

Itu tidak terjadi di Indonesia, di negeri ini sepakbola adalah kegemaran semua lapisan warga.
Bahkan untuk Liga Champions, meskipun judulnya UEFA CHAMPIONS LEAGUE, tapi jumlah penonton terbesar Liga paling prestisius sedunia ini ada di Indonesia. Setiap tim yang ambil bagian di Liga Champions habis berlaga, semua media di negeri ini, baik cetak maupun elektronik langsung sibuk mengupasnya.

Di jejaring sosial seperti facebook dan twitter, langsung terjadi perang dunia maya. Meskipun terpisah separuh planet ini dengan klub-klub kesayangannya. Para penggemar klub eropa itu di sini bisa baku hantam karena saling ejek atas prestasi atau kegagalan klub kesayangannya meraih kemenangan.
Contohnya tahun lalu, saya sendiri sebagai salah seorang Interisti begitu puas menginjak-injak kesombongan dan kepongahan Barcelonistas ketika Inter Milan berhasil menjadi Juara setelah sebelumnya di semi final mengandaskan Barca.

Ajaibnya dengan potensi sebesar ini, secara prestasi tim sepakbola, Indonesia terbilang anak bawang yang dalam percaturan sepakbola dunia. Sehingga kehadiran Indonesia bisa dikatakan sama sekali tidak pernah terasa.

Maka tidak heran pula, dalam berbagai publikasi tentang sepakbola, dunia tidak pernah mengenal nama Indonesia. Memang dulu Indonesia pernah membuat kejutan dengan menahan Uni Sovyet dengan skor 0 - 0 di pertandingan Olimpiade yang diselenggarakan di Australia. Tapi sekarang yang masih ingat cerita tersebut cuma orang Indonesia, selebihnya di negara lain kalau orang bicara sepakbola, orang tidak pernah tahu kalau nama Indonesia ada.

Tapi hari-hari belakangan ini semua berubah, sekarang nama Indonesia menjadi di kenal luas di dunia dalam kaitannya dengan sepakbola. Sampai-sampai ketua FIFA pun menunjukkan perhatian langsung, bahkan media sekelas Worldfootballinsider.com pun merasa perlu menurunkan laporan khusus tentang Indonesia.

Lalu siapa aktor yang membuat nama Indonesia berkibar di pentas dunia sepakbola ini?…Tim Nasional?…Bukan!@, Bambang pamungkas?, Markus Horison, Gonzalez, Firman Utina?, Irfan Bachdim?…semua salah.

Pahlawan itu bernama NURDIN HALID, sosok ketua PSSI tercinta .

Jadi sebagai rakyat sekaligus pecinta sepakbola Indonesia, kita semua selayaknya berbangga pada Nurdin Halid, sebab sepanjang sejarah Sepak Bola, dialah orang pertama yang berhasil membuat NAMA INDONESIA menjadi terkenal di PANGGUNG SEPAKBOLA DUNIA.

Selanjutnya “For all you Nurdin Halid fans out there, Indonesia story coming soon on worldfootballinsider.com”, tulis James Corbett di Account Twitternya.

0 Komentar di "Nurdin Halid yang Membanggakan"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali