Arema Memalukan ?

Kamis, 03 Maret 2011

Arema Memalukan ?

Sore itu tanggal 2 Maret 2011, Arema memainkan pertandingan perdana di LCA musim ini melawan Cerezo Osaka dari Jepang di Stadion Nagai, Osaka. Lawan Arema merupakan juara 3 Liga Jepang musim lalu. Otomatis ini merupakan lawan yang sangat kuat bagi Arema, ditambah dengan suhu Osaka waktu itu adalah 2 derajat celcius. Suhu yang hampir tidak akan mungkin terjadi di Indonesia.


Arema akhirnya kalah 2-1 dari Cerezo Osaka. Sebuah kekalahan yang menurut kami, para Aremania bukanlah sebuah hasil yang buruk atau memalukan. Melihat perjuangan dan kerja keras pemain Arema bermain di negeri orang dan bermain di suhu yang sangat dingin saat itu sudah cukup menunjukkan mental juara yang bagus. Terlepas dari banyaknya kesalahan mendasar tapi inisiatif permainan mereka sangat membuat aku pribadi bangga.

Bukan hanya aku dan aremania lain yang bangga. Aku sempat membaca tweet dari The maczman(pendukung PSM Makassar) mengatakan Indonesia bangga punya Arema. Ya, selain permainan yang cukup bagus, yang sampai menuai pujian dari komentator starsports, para Aremania yang berada di Osaka datang mendukung langsung di Stadion. Kita pun sempat mendengar beberapa kali yel-yel dukungan untuk Arema. Sesuatu yang tidak semua klub Indonesia punya saat tandang ke luar negeri.
 
Jujur aku merinding saat ada mendengar yel-yel dari Aremania. Karena memang tidak mudah membuat suara itu bergema di luar negeri. Dan aku pun sempat terharu bagaimana pemain arema berjibaku melawan tim dari jepang itu. Itu adalah dua hal yang tidak dimengerti sama sekali oleh orang yang kurang mengerti sepakbola.

Klub Indonesia biasanya merupakan lumbung gol bagi tim-tim lain ketika berlaga di Liga Champions Asia. Contoh terdekat, musim lalu Persipura sangat mencoreng nama Indonesia saat menjadi bulan-bulanan klub di grupnya. Saat tandang ke China, mereka kalah 9-0 dari Changyung Yatai, kalah 8-0  dari Jeonbuk Hyundai saat tandang ke Korea, dan dipukul telak 5-0 oleh Kashima Antlers. Padahal sebenarnya secara kualitas, Persipura lebih baik daripada Arema. Aku akui. Tapi ada satu yang membedakan, mental pemain Arema begitu kuat menahan berbagai tekanan dan tidak kalah sebelum bertanding. Satu lagi hal yang tidak akan dimengerti oleh orang yang kurang mengerti sepakbola.

Semoga Arema bisa memperbaiki citra klub Indonesia yang sudah terlanjur dianggap sebagai lumbung gol oleh tim-tim dari asia timur. Berjuanglah Arema, Menang kalah tidak terlalu penting bagi kami. so Asia, This is Arema!!

2 Komentar untuk "Arema Memalukan ?"

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali