Akibat Tidur Dengan Lampu Menyala

Sabtu, 05 Maret 2011

Akibat Tidur Dengan Lampu Menyala



Beberapa dari kita terbiasa tidur dengan keadaan lampu menyala. Bisa aja ada yang beralasan tidak bisa tidur kalau gelap, ataupun takut dengan kegelapan. Jadi, diantara mereka tetap menyalakan lampu disaat tidur malam. Bahaya yang terjadi adalah keadaan terang menghalangi produksi zat melatonin.



Apa itu zat melatonin? Metalonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal yang diproduksi di dalam otak dan pembentukannya dipicu oleh keadaan gelap. Jadi semakin terang keadaan, maka produksi hormon ini pun semakin berkurang. 



Adapun fungsi Hormon Melatonin adalah sebagai berikut :
1. Berperan besar terhadap bioritme pengaturan jam tidur tersebut. Oleh karenanya, orang yang bertambah usianya akan semakin sedikit tidurnya, karena hormon melatonin ini alamiah akan mengalami penurunan sejalan dengan bertambahnya usia manusia. Biasanya akan mengalami penurunan yang drastis sekitar usia 40 tahun.
2. Manfaat lain melatonin adalah sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak dan air, meningkatkan imun tubuh menimbulkan relaksasi otot dan membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan.
Zat  anti oksidan adalah substansi yang dapat menetralisir atau menghancurkan radikal bebas. Radikal bebas merupakan jenis oksigen yang memiliki tingkat reaktif yang tinggi dan dapat menyerang tubuh.  Radikal bebas secara alami ada di dalam tubuh sebagai hasil dari reaksi biokimia di dalam tubuh.
3. Melatonin juga berfungsi sebagai antioksi dan yang banyak diteliti dalam fungsi kesehatan jantung, anti kanker, gangguan-gangguan endokrin, pencegah proses penuaan termasuk juga pemeliharaan fungsi seksual.
4. Melatonin juga dapat menghambat peningkatan kolesterol sehingga mencegah pembentukan endapan plak yang menyumbat dinding pembuluh darah sehingga baik digunakan untuk menjaga kesehatan jantung.
5. Dalam fungsi kesehatan seksual, melatonin sendiri terkait dengan peningkatan efek endorphin yang dihasilkan oleh tubuh dalam mengatasi stress dan rasa sakit. Endorfin sebagai penenang alami ini turut mengendalikan sensasi kesenangan, kebugaran dan dorongan seks, serta turut memicu produksi hormon-hormon prolaktin atau oksitosin dalam produsi ASI.
Kebayang kan apa yang terjadi bila produksi zat melatonin terhalang? Tubuh memerlukan senyawa yang menghalangi pengrusakan DNA dan pengubahan asam lemak menjadi tumor. Orang yang suka tidur dengan lampu diindikasikan lebih mudah terjangkit leukimia dan kanker.
Jadi bagaimana solusinya bagi kamu yang suka tidur dengan lampu? Matikan lampunya atau ganti lampu kamu dengan warna suram, seperti merah atau kuning.

0 Komentar di "Akibat Tidur Dengan Lampu Menyala"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali