8 Kecerdasan Yang Luar Biasa

Selasa, 29 Maret 2011

8 Kecerdasan Yang Luar Biasa


KECERDASAN!

Ya, Bagaimana mungkin suatu tim manajer dengan IQ masing-masing di atas 120 hanya memiliki IQ kolektif rata-rata 63?
-Peter Senge-

Kecerdasan bisa kita dapatkan, kecerdasan bukan anugerah yang tiba-tiba saja turun dari langit. Tapi dia berada di sebuah laut dalam yang gelap. Menyelam adalah satu-satunya cara untuk mengasah kecerdasan kita. Kecerdasan adalah bagaimana cara kita menangkap pengetahuan dengan hati kita. Bukan otak kita.


Otak adalah raksasa tidur sedangkan kecerdasan adalah pakaian yang membalutnya. Otak akan selamanya tetap telanjang tanpa kecerdasan.
Delapan kecerdasan! Bukan hanya satu.

1. Kecerdasan Linguistik (bahasa) adalah kemampuan membaca, menulis, dan berkomunikasi dengan kata-kata atau bahasa. Penulis, jurnalis, penyair, orator dan pelawak adalah contoh nyata yang memiliki kecerdasan linguistik.

2. Kecerdasan Logis-matematis adalah kemampuan berpikir (menalar) dan menghitung, berpikir logis dan sistematis. Anggota profesi hukum, akuntan, ilmuan, dan ekonom.

3. Kecerdasan Visual spasial adalah kemampuan berpikir menggunakan gambar, memvisualisasikan hasil masa depan, membayangkan berbagai hal pada mata mata pikiran. Arsitek, seniman, pemahat, pelaut, fotografer, dan perencana strategis adalah yang memiliki kecerdasan ini.

4. Kecerdasan Musikal merupakan kecerdasan bawaan setiap manusia. Karena kecerdasan musical ini sudah terasah ketika kita sejak dalam janin (mendengarkan calon Ibu kita berbicara, mendengarkan detak jantung calon Ibu kita bahkan aliran darah terdengar begitu menari ketika janin berada dalam kandungan). Kemampuan mengubah atau menciptakan musik, bernyanyi dengan baik, atau memahami dan mengapresiasi music biasanya merupakan bakat yang dimiliki komposer, penikmat musik, perekayasa rekaman, musisi. Tapi ini adalah kecerdasan manusia yang dimiliki bahkan sejak dalam janin dari calon seorang Ibu.

5. Interpersonal (sosial). Kemampuan bekerja secara efektif dengan orang lain, berhubungan dengan orang lain dan memperlihatkan empati, pengertian, memperhatikan motivasi dan tujuan orang-orang disekitar lingkungannya. Kecerdasan ini dimiliki para guru, fasilitator, politisi, pemuka agama, penyembuh, dan orang-orang yang berkecimpung pada dunia waralaba.

6. Intrapersonal adalah kemampuan menganalisis-diri dan merenungkan-diri. Mampu merenung dalam kesunyian dan menilai prestasi seseorang, meninjau dan perasaan terdalam orang, mengenal diri sendiri. Ya! Kecerdasan ini dimiliki oleh filosof, pembimbing, dan penampil puncak dlam setiap bidang.

7. Kinestik tubuh. Kemampuan menggunakan tubuh secara terampil untuk menciptakan produk dan mengemukakan gagasan dan emosi, serta memecahkan masalah. Kemampuan ini dimiliki atletik, penari, acting, dan dalam bidang bangunan kontruksi.

8. Naturalis. Nah, ini dia kecerdasan yang harus lebih diperbanyak lagi di bumi ini. Kecerdasan naturalis adalah kemampuan mengenal flora dan fauna. Melakukan pemilahan-pemilahan runtut dunia kealaman, dan menggunakan kecerdasan secara produktif. Para petani, konservasi, ahli botani, lingkungan, biologi, semuanya yang berhubungan dengan alam memperlihatkan aspek-aspek kecerdasan ini. Kecerdasan ini adalah tim penyelamatan bumi.

Semua kecerdasan = gaya belajar individual. Apa yang ingin Anda ketahui?!

Pengetahuan dengan membangun raksasa tidur dan gunakan kecerdasan sebagai pakaian raksasa itu. Lalu, berapa kecerdasan yang Anda miliki setelah dihitung berdasarkan pemilahan-pemilihan di atas?

Sebagian besar dari kita bahkan mempunyai 8 kecerdasan sekaligus. Itulah alasannya mengapa beberapa lapisan masyarakat Indonesia sedang berlomba-lomba membangkitkan kecerdasan generasi-generasi platinum. Karena otak perlu pakaian agar bisa digunakan secara arif dan bijaksana.

Menyelamlah, gali kecerdasan-kecerdasan itu!

sumber: kompasiana.com

0 Komentar di "8 Kecerdasan Yang Luar Biasa"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali