Mempercepat Kerja Windows 7

Kamis, 24 Februari 2011

Mempercepat Kerja Windows 7

Windows 7 merupakan operating system yang masih terbilang fresh dan OS ini diklaim oleh pihak windows sebagai penyempurnaan dari Vista. Walaupun banyak perdebatan lebih baik mana antara windows XP dan windows 7, aku sebagai user 7 sangat puas dengan OS ini. Aku sendiri menggunakan Windows 7 Ultimate. Secara tampilan OS ini terlihat lebih dinamis dibanding XP. berikut ini aku kasih beberapa tips untuk penggunaan windows 7. Insya allah akan aku update, sesuai dengan perkembangan ilmuku.hhe..


Mempercepat Waktu Booting Windows 7
Windows 7 hanya menggunakan satu core saja untuk melakukan booting. Dengan menambah jumlah core yang digunakan, Anda dapat mempersingkat waktu booting:
  1. Klik Start dan kemudian ketikkan “msconfig” pada bagian search programs and files.
  2. Klik pada tab “Boot” dan klik pada “Advanced options”.
  3. Cek pilihan “Number of processors” dan tentukan berapa yang Andainginkan sesuai dengan yang dimiliki PC Anda (biasanya 2, 4 atau 8).
  4. Klik “OK” dan “Apply”.
  5. Reboot.
windows 7 lebih cepat
Menghapus Font Yang Tidak Diperlukan
Font, khususnya TrueType fonts menggunakan cukup banyak system resources. Untuk kinerja yang optimal, pangkas jumlah font di PC Anda dan gunakan yang memang Anda perlukan saja dan font-font yang kemungkinan diperlukan oleh suatu aplikasi.
  • Buka Control Panel
  • Buka folder Fonts
  • Pindahkan font yang tidak ingin Anda gunakan ke direktori sementara (misalnya C:/BACKUPFONTS), mungkin suatu saat Anda meninginkannya lagi. Semakin banyak font yang dibuang, semakin banyak system resources yang Anda dapatkan.
Mempercepat Shutdown Windows 7
Shutdown Windows 7 lebih cepat dari Vista ataupun XP, namun Anda masih bisa meningkatkan kecepatnnya dengan melakukan sedikit perubahan pada registry yang mengurangi waktu tunggu Windows untuk mematikan berbagai proses yang ada:
  • Klik Start dan ketikkan regedit lalu tekan enter.
  • Buka HKEY-LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControl
  • Klik kanan pada WaitToKillServiceTimeOut dan rubah nilainya menjadi lebih kecil.
  • Defaultnya adalah 12000 (12 detik) namun Anda bisa memperkecil angka ini.
  • Klik OK dan reset PC Anda.

1 Komentar untuk "Mempercepat Kerja Windows 7"

  1. Terimakasih tutorialnya mas, sangat membantu :)

    Info Lowongan Kerja 2014

    BalasHapus

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali