Balada Seorang Mahasiswa Baru

Sabtu, 15 Januari 2011

Balada Seorang Mahasiswa Baru

Awalnya aku ingin membuat beberapa tips dalam memasuki dunia perkuliahan nantinya. tapi itu semua udah bisa dibaca di blog babangsony.blogspot.com sekarang aku mau mengisahkan beberapa cerita aku selama menjadi mahasiswa baru di Universitas Trisakti Jakarta, Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Elektro.

Kira-kira Pertengahan Juli 2010 diadakan acara Program Penyambutan Mahasiswa Baru oleh BEM FTI. Nama lain dari ospek, itu berlangsung selama dua hari.
hari pertama merupakan PPMB fakultas, kami masih dicampur 4 jurusan dan 1 kelompok. Dan di hari kedua, PPMB Jurusan. kami mulai diperkenalkan sesuai jurusan kami masing. FYI, fakultas kami ada 4 jurusan, Elektro, Industri, Mesin, dan Informatika.


Di jurusan, kami diurus oleh angkatan 2007, atau biasa dibilang bokap kami. Di hari itu kami dikasi berbagai materi bagaimana dunia perkuliahan itu. Ya kami diperkenalkan lebih dahulu bagaimana dunia perkuliahan itu agar kami tidak kaget nantinya. Satu hal yang kurasa penting bagi kita semua yang baru lulus SMA.




Selesai PPMB, kami kembali libur. namun kami diberi tugas oleh bokap untuk membuat apa saja yang berbau elektro dan diberi tenggat seminggu. lalu kami memutuskan membuat lampu led bertuliskan "ELEKTRO 10". Kami mendapat pujian dari senior, karena kami mampu menyelesaikan tugas kami sesuai harapan mereka.

 "DI ELEKTRO TRISAKTI KAMI DIAJARKAN UNTUK KOMPAK, UNTUK SELALU BERSAMA, PUNYA INISIATIF UNTUK KENAL DAN DEKAT KEPADA SENIOR, SERTA MEMILIKI TANGGUNG JAWAB" Kami harus melepas segala jubah asal daerah kami dan jubah anak SMA kami. Disini kami diberi pilihan, menjadi sekedar mahasiswa elektro atau menjadi bagian dari masyarakat elektro. Setiap saat, ketika tidak ada jam kuliah kami berkumpul di tongkrongan yang ada pohon yang sangat teduh, yang dinamakan Pohon Tengah. Disitu tempat kami membahas mata kuliah, bercanda, bercerita, dan sebagainya. Karena hal itu, aku sama sekali tidak merasakan kehidupan yang individualisme.


Aku masih merasakan kekompakan seperti ketika masa SMA. Masih merasakan bagaimana belajar bersama. Mungkin ketiadaan seorang guru yang dekat tergantikan oleh rasa perhatian dan kepedulian sesama kami. Kami pun diingatkan untuk selalu kuliah denga benar karena tujuan kita kesini adalah kuliah, banggakan orang tuamu. Ya, kami memang benar-benar dituntun oleh para senior kami, terutama bokap kami,angkatan 2007, untuk memasuki dunia yang baru.

Kami terus diajari bagaimana bisa tetap kompak hingga kini, mungkin juga sampai awal semester 4 kami baru bisa disebut mahasiswa. Karena kami masih dalam masa orientasi selama 3 semester. Rambutku masih tetap botak seperti di SMAN 8, disaat teman-teman yang lain udah mulai gondrong. tapi kudapat segala hal yang tak mereka dapat. "MASALAH ILMU KITA BOLEH KALAH DENGAN UNIVERSITAS NEGERI, TAPI MASALAH KEKOMPAKAN DAN KEKUATAN ALMAMATER, KITA JAUH LEBIH BAGUS DARIPADA MEREKA."

Rangkullah teman-temanmu, lihat sekelilingmu, lalu ucapkan dan resapi kata-kata ini, "INI SAHABATKU, INI SAUDARAKU, INI KELUARGAKU" 

Sebenarnya banyak lagi cerita menarik, tapi cukup ini saja. Terima kasih angkatan 2010, Terima kasih angkatan 2007, dan terima kasih buat angkatan lainnya. Semester 1 telah aku lalui dan semoga semester depan lebih baik.

8 Komentar untuk "Balada Seorang Mahasiswa Baru"

  1. mantap mantap (y). tapi karena aku notabene bukan mahasiswa Trisakti jd kurang tersentuh ki haha ;D

    BalasHapus
  2. gak semua trisakti kayak gitu son.
    kalo yang fe atau fh gak ngalamin yang kayak gitu.
    tapi kalo teknik insya allah hampir semua.haha
    dari yang ringan sampe pake nabok-nabok.haha

    BalasHapus
  3. nice share gan :thumbup

    BalasHapus
  4. makasih gan. agan mungkin bisa nambahin cerita tentang kampusnya ?

    BalasHapus
  5. wah ini posting yang bermasalah kayaknya ya.haha =))

    BalasHapus
  6. Wedhoez Ghibaz9 Mar 2011 23.40.00

    Masalah ilmu boleh kalah? belum tau dia...

    BalasHapus
  7. Koreksi sedikit,di elektro ga ada nabok2 loh :D

    BalasHapus
  8. @wedhoez Ghibaz
    hahaha, ya siapa yang tau.

    @DJ_ABah
    emang gak ada kok,haha
    kan gak ada tertulis disitu,hhe

    BalasHapus

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali