Bad Memories : Tragedi Heysel

Sabtu, 15 Januari 2011

Bad Memories : Tragedi Heysel

Bagi penonton sepakbola, menyaksikan Liga Inggris tentu sangat seruu. Permainan yang cepat sangat memanjakan mata kita. Ada satu hal yang cukup berbeda di Liga Inggris, yaitu terlalu dekatnya jarak antara penonton dengan lapangan dan tidak adanya pagar pembatasnya. Ini merupakan hal yang sangat membanggakan tentunya. Bisa dibayangkan bila hal ini berlaku di Indonesia.hehe..

Ternyata dibalik kesuksesan itu semua ada cerita pahit. Yang sangat pahit. Berikut ceritanya..

Heysel Stadium, Belgia May, 29th 1985
Pertandingan final Piala Champions (kini Liga Champions) mempertemukan Liverpool melawan Juventus. Semua begitu antusias menantikan pertandingan ini. Tidak ada yang mengira, pertandingan ini akan menjadi catatan kelam di sejarah sepakbola eropa, bahkan dunia.

Satu jam sebelum kick-off, berawal dari saling ejek antar suporter kedua tim, hooligan Liverpool menembus pembatas dan memasuki tribun suporter Juventus. Namun di tribun tersebut tidak ada para Ultras (sebutan untuk suporter fanatik di Italia), di tribun itu hanya terdapat suporter Juventus yang biasa. Mereka memilih menghindari penyerbuan dan berusaha melompati pagar pembatas.


Namun sayang, tembok tersebut tidak kuat lagi menahan sekian banyak orang yang berusaha melewatinya. Sehingga temboh tersebut roboh dan menimpa ratusan orang. Akibat kejadian tersebut, 39 orang tewas dan 600-an orang tewas.

Panitia pertandingan tetap melaksanakan pertandingan dengan alasan meredam kemarahan penonton. Apalagi para Ultras sebelumnya sudah bersiap melakukan pembalasan terhadap Hooligan Liverpool. Pertandingan itu diakhiri dengan kemenangan Juventus melalui gol Michel Platini.

Setelah pertandingan itu, pihak UEFA melakukan penyelidikan. Berbekal hasil jepretan kamera dan video dari media, UEFA menetapkan bahwa Liverpool lah yang sepenuhnya bersalah. Putusan hukuman dari UEFA adalah pengucilan klub-klub Inggris dari dunia sepakbola selama 5 tahun. Untuk Liverpool ditambah 1 tahun lagi. Namun, hukuman ini tidak berlaku untuk timnas Inggris.

BERSAMBUNG...


0 Komentar di "Bad Memories : Tragedi Heysel"

Posting Komentar

Terima Kasih Udah Baca Artikel Blog Tyo. Silahkan berkomentar, bebas dan bertanggung jawab. Oh ya, masih banyak artikel bagus lho di blog ini, ditunggu komentar dan kunjungannya kembali